Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Lebaran

  • Whatsapp

Pasca lebaran, banyak orang mengeluhkan berat badannya melonjak karena tidak segan-segan melahap semua hidangan, mulai dari rendang, opor ayam, sambal goreng kentang, dan lainnya.

Tidak jarang yang dilema ingin menurunkan berat badan tetapi masih ingin makan makanan enak selama libur lebaran ini. Eits, nggak perlu khawatir. Kamu bisa menurunkan berat badan tapi tetap makan enak.

Mahesa Id rangkum dari beberapa sumber, begini tipsnya.

Muat Lebih

Olahraga

Kamu bisa jadikan setelah lebaran menjadi momen memulai hidup sehat dengan olahraga. Sudah jelas bahwa olahraga dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa memulainya dengan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti jogging atau bersepeda.

Mengunyah permen karet

Saat menyiapkan makan siang atau malam, tidak jarang kita mengunyah beberapa potong makanan yang akan disajikan sebagai icip-icip. Meskipun hanya mencicipi, itu bisa menambahkan kalori ke dalam tubuh.

Nah, seorang profesor psikologi di Wheeling Jesuit University Bryan Raudenbush, PhD menyarankan untuk mengunyah permen karet saat menyiapkan makanan sehingga bisa mencegah untuk mengemil berlebihan.

Baca Juga: Ketika Mantan PDKT Pas Lagi Lebaran, Cuekin Atau Tidak?

“Aroma mint dapat menstimulasi area otak yang mencatat kepenuhan, membantu Anda makan lebih sedikit,” katanya.

Pakai piring dan sendok lebih kecil

Tak apa makan makanan enak, tapi agar berat badan turun gunakanlah piring dan sendok dengan ukuran yang lebih kecil dari biasanya. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini dari Cornell University menemukan bahwa orang yang makan semangkuk es krim dengan sendok besar menyerap sekitar 53 persen kalori lebih banyak dibandingkan orang dengan mangkuk dan sendok yang lebih kecil.

Jadilah pemilih

Sudah puas bukan menjadi kalap makan saat lebaran kemarin? Saatnya sekarang jadi pemilih, ya memilih makanan yang hanya kamu inginkan dan hanya bisa didapat pada saat libur lebaran.

Ingat ya, jangan kamu makan semua makanan yang dihidangkan.

Loading...

Pos terkait