Tips Memilih Spesifikasi Laptop/PC Untuk Gaming

  • Whatsapp

Sebagian besar game dengan ukuran yang besar jika dimainkan pada laptop biasa atau dengan spesifikas standart dapat  membahayakan laptop/PC tersebut. Sekarang, untuk memainkan game berat, ada cukup banyak laptop dengan spesifikasi tinggi yang mendukung permainan game tersebut. Untuk memainkan game berat, Anda bisa mempertimbangkan RAM, VGA, Processor dan juga harddisk pada laptop tersebut.

Berikut beberapa tips memilih spek PC/ Laptop untuk gaming:

Baca Juga

1. RAM

Pertimbangan lain untuk memilih laptop untuk gaming adalah RAM atau Random Access Memory (RAM). RAM berfungsi untuk penyimpanan data saat laptop diggunakan. Semakin besar RAM maka laptop memiliki kinerja yang semakin baik. Untuk gaming lebih nyaman, Anda bisa memilih laptop dengan RAM berkapasitas 2 GB, DDR 3 dan bandwith dengan lebar minimal 12800.

2. VGA

Kemampuan grafis gaming laptop didukung oleh VGA, jika VGA memiliki memori yang besar maka kemampuan grafis PC atau laptop juga semakin baik. Anda bisa memilih VGA generasi baru seperti Nvidia GeForce dan ATI Radeon.

3. Prosesor

Untuk memilih laptop yang baik saat gaming, Anda bisa mempertimbangkan prosesor pada laptop tersebut. Pilihlah laptop dengan prosesor maka pertimbangkan core, tingginya clock speed, cache dan juga sistem hyper threading. Agar Anda bisa memainkan game ringan, Anda bisa memilih laptop dengan prosesor Intel i3 atau prosesor AMD A4, cache 2MB dan kekuatan 2GHz. Sedangkan untuk permainan game yang lebih berat, Anda bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

4. Hard Drive

Selain ketiga komponen di atas, Anda juga harus memperhatikan hard drive yang ada pada laptop. Hard drive berfungsi untuk menyimpan data secara permanen dan semakin besar kapasitas hard drive pada laptop maka semakin baik kinerjanya. Untuk gaming, Anda bisa memilih laptop yang memiliki kapasitas hard drive minimal 320 GB. Untuk gaming yang lebih seru lagi, pilihlah hard drive SS karena kinerja hard drive ini 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan hard drive biasa.

5. Layar

Anda bisa memilih gaming laptop dengan layar beresolusi 1366 x 768, hal ini membuat game bisa dijalankan dengan lancar.

Untuk bermain game yang lebih seru, memilih gaming laptop yang tepat, permainan game pun tidak akan tersendat-sendat. Usahakan juga memilih laptop yang tidak mudah panas, Anda bisa memilih laptop yang memiliki cooling system.

mahesa on Google News

Editor’s Picks