Tips Memilih Nama Domain yang Cocok Untuk Situs Web

  • Whatsapp

Perlu diketahui Domain adalah alamat yang akan mengantarkan Anda ke website yang Anda tuju. Pada dasarnya, domain merupakan bentuk sederhana dari alamat IP yang berupa kombinasi angka rumit. Dengan banyaknya website yang tersebar di internet, menghafalkan kombinasi angka tersebut tentu sangat sulit.

Fungsi domain merupakan alat untuk mengidentifikasi sebuah web hosting. Contoh domain, misalnya mahesa.id.

Contohnya mahesa.id merupakan website yang ingin Anda tuju, sementara .id merupakan ekstensi domain yang dipilih. Dengan nama domain, Anda tidak perlu repot-repot mengecek alamat IP dari website yang ingin Anda tuju.

Untuk memiliki nama domain, maka Anda perlu mendaftarkan nama domain yang Anda inginkan tersebut. Domain akan terdaftar di organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang menentukan ekstensi domain apa saja yang bisa digunakan.

Ketika Anda mulai berpikir untuk berbisnis melalui internet, hal pertama yang Anda pikirkan adalah nama domain website Anda.

Sebelum Anda memilih nama domain, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Siapa yang akan menjadi audiens target Web Anda?
  • Apa yang ingin Anda jual kepada mereka. Apakah itu barang yang berwujud atau hanya konten teks?
  • Apa yang akan membuat ide bisnis Anda unik atau berbeda dari semua hal lain yang sudah tersedia di pasar?

Baca: Teknik SEO Seluler

Banyak orang menganggap penting memiliki kata kunci dalam sebuah domain. Kata kunci dalam nama domain sangatlah penting, tetapi biasanya dapat dilakukan dengan tetap menjaga agar nama domain tetap pendek, mudah diingat, dan bebas dari tanda hubung.

Menggunakan kata kunci dalam nama domain Anda memberi Anda keunggulan kompetitif yang kuat atas pesaing Anda. Memiliki kata kunci dalam nama domain Anda dapat meningkatkan rasio klik-tayang pada daftar mesin pencari dan iklan berbayar serta mempermudah penggunaan kata kunci Anda untuk mendapatkan tautan masuk deskriptif yang kaya kata kunci.

Hindari membeli nama domain yang panjang dan membingungkan. Banyak orang memisahkan kata dalam nama domain mereka menggunakan tanda hubung atau tanda hubung. Dulu, nama domain itu sendiri merupakan faktor peringkat yang signifikan tetapi sekarang mesin pencari memiliki fitur-fitur canggih dan itu bukan faktor yang terlalu signifikan lagi.

Simpan dua hingga tiga kata dalam nama domain Anda yang akan mudah diingat. Beberapa situs web paling terkenal melakukan pekerjaan branding yang hebat dengan membuat kata mereka sendiri. Beberapa contohnya adalah eBay, Yahoo !, Expedia, Slashdot, Fark, Wikipedia, Google, dll.

Anda harus bisa mengatakannya melalui telepon sekali, dan orang lain harus tahu bagaimana mengejanya, dan mereka harus bisa menebak apa yang Anda jual.

Baca: Membangun Backlink yang Berkualitas

Langkah Penting Sebelum Membeli Nama Domain

Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Mengapa Anda ingin membangun situs web Anda?
  • Mengapa orang harus membeli dari situs Anda dan bukan dari situs lain?
  • Apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain?
  • Siapa audiens target Anda dan apa yang ingin Anda jual?
  • Buat daftar 5 hingga 10 situs web yang menurut Anda luar biasa. Sekarang pikirkan mengapa mereka luar biasa.
  • Buat 5 nama domain yang berbeda. Buat setidaknya 1 di antaranya lucu. Beri tahu mereka kepada setengah lusin orang dan lihat mana yang paling berkesan. Anda akan mendapatkan tanggapan yang lebih jujur ​​jika orang-orang tidak mengenal Anda dengan baik.
  • Beli nama domain Anda yang menarik, mudah diingat, dan relevan dengan bisnis Anda.

Editor’s Picks