Tim Legend Sepak Bola Indonesia yang Masih Berdiri

Sejarah awal sepak bola di indonesia berkembang sejak tahun 1910-an meski pada saat itu masa dimana Indonesia di jajah namun tidak sedikit peminatnya, yang di bawa oleh para penjajah. Pada zaman itu terdapat dua club tertua di Indonesia yaitu Rood-Wit di Batavia dan Vitoria di Surabaya menjadi embrio berkembangnya sepak bola di Indonesia. Rood-Wit sendiri ber awal sejak 1894-an dengan latar belakang klub kriket. berbeda dengan Vitoria yang murni memainkan permainan ini

Semenjak itu Sepak Bola di Nusantara/Indonesia itu terus berkembang hingga pada tahun 1931 para wakil daerah/bond-bond itu mendirikan PSSI dengan maksud memerdekakan lewat sepak bola.

Berikut ini beberapa klub sepak bola legendari hingga menerjang berbagai regenerasi :

1. Macassar Voetbal Bond (MVB)

Sekarang: Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM Makassar)
Persatuan Sepak Bola Makassar tercatat sebagai klub paling tua di Indonesia. Di dirikan pada 2 November 1915, terbentuknya PSM dimulai dari berdirinya Makassar Voetbal Bond (MVB). MVB sempat terhenti menyusul masuknya Jepang di Makassar. Itu sebelum MVB berganti nama menjadi PSM dan pada dekade 1950 mulai ekspansi ke pulau Jawa untuk menjalin hubungan dengan PSSI.

2. Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM)

Sekarang: Perserikatan Paguyuban Sepak Bola Magelang (PPSM Magelang)
Didirikan pada tanggal 15 Maret 1919 dengan cikal bakal bernama Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM). IVBM adalah salah satu klub yang ikut mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan E.A. Mangindaan dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprodjo Yogyakarta pada hari Sabtu tanggal 19 April 1930.

3. Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB)

Sekarang: Persatuan Sepak Bola Indonesia Solo (Persis Solo)
Tanggal 8 November 1923 jadi tanggal lahir klub ini. Awalnya didirikan leh Sastrosaksono (tokoh dari Klub Mars) serta R. Ng. Reksodiprojo dan Sutarman dari Klub Romeo yang mengguna nama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB).

4. Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB)

Sekarang: Persatuan Sepak Bola Indonesia Surabaya (Persebaya Surabaya)
Persebaya didirikan pada 18 Juni 1927 oleh Paijo dan M. Pamoedji. Di awal berdiri, Persebaya bernamakan Soerabhaiasche lndonesische Voetbal Bond (SIVB). Persebaya atau SIVB menjadi pendorong berdirinya Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) pada 1930. Nama Persebaya muncul pada 1960. ltu setelah SIVB berganti nama lebih dulu menjadi Persibaja (Persatuan Sepak Bola Indonesia Soerabaja).

5. Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ)

Sekarang: Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija Jakarta)
Persija lahir dengan nama VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra) pada 28 November 1928. Persija dengan nama VIJ menjadi salah satu perkumpulan yang ikut mendirikan PSSI pada April 1930. Nama Persija atau Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta baru ada pasca Republik Indonesia.

 

Di atas tadi adalah 5 klub legend yang berdiri di indonesia sejak zaman penjajahan yang masih tetap ada hingga saat ini meski melewati banyak masa regenerasi hingga berganti nama hingga kepengurusanya.