Terraform Labs Meluncurkan 3 Tindakan Darurat untuk Menyelamatkan LUNA, UST Stablecoin

Pada hari Kamis, Terraform Labs, tim di belakang ekosistem Terra , menguraikan tiga tindakan darurat yang bertujuan untuk menyelamatkan LUNA dan stablecoin UST aslinya dari kehancuran.

Tiga langkah tersebut termasuk membakar UST yang tersisa di kumpulan komunitas, membakar UST apa pun yang masih ada di Ethereum , dan mempertaruhkan $240 juta LUNA untuk melindungi proyek dari serangan tata kelola.

Dengan kapitalisasi pasar saat ini sekitar $143 juta , hampir tidak ada cukup likuiditas di LUNA untuk mendukung mekanisme mint-and-burn Terra dan membawa kapitalisasi pasar UST sebesar $7,2 miliar kembali ke paritas (atau lebih rendah).

Jadi tim Terraform menyarankan untuk menghancurkan UST tanpa menukarnya dengan LUNA.

LUNA bertindak sebagai bantalan arbitrase bagi UST untuk membantu mempertahankan pasak dolarnya. Investor selalu dapat menukar satu UST dengan $1 dari LUNA dan sebaliknya. Jika UST turun di bawah $1, investor dapat membeli token yang didiskon, menukarnya dengan $1 di LUNA dan kemudian menjual LUNA yang baru dicetak di pasar untuk mendapatkan keuntungan. Setiap kali swap ini dilakukan, token yang dijual dibakar (crypto speak untuk dimusnahkan).

Baca: Aset Cryptocurrency Buatan Indonesia

Pertama, Terraform Labs menyarankan untuk membakar sekitar 1 miliar UST di kumpulan komunitas proyek. Kumpulan komunitas adalah dana khusus yang ditujukan untuk mendanai berbagai proyek yang dibangun di atas blockchain Terra. Setiap anggota komunitas dapat membuat proposal tata kelola untuk membelanjakan token di kumpulan komunitas.

Pasokan UST yang beredar saat ini adalah 12,12 miliar, menurut data dari CoinMarketCap . Dengan membakar token dari kumpulan ini, langkah tersebut akan mengurangi pasokan sekitar 8,05%.

Langkah kedua berupaya menjembatani kembali 371 juta UST dari Ethereum ke Terra dan membakarnya juga. Ini akan mengurangi pasokan UST sebesar 3% lagi.

Secara total, dua tindakan darurat pertama akan mengurangi pasokan UST yang bersirkulasi lebih dari 11%.

“TFL (Terraform Labs) saat ini sedang menjajaki jalan terbaik untuk membakar sisa kepemilikan UST-nya,” tweeted Terraform Labs. “Banyak dari yang telah diperoleh dalam beberapa hari terakhir untuk menyerap aksi jual UST di berbagai pasar terbuka.”

Terraform untuk memblokir serangan pemerintahan

Proposal ketiga juga menguraikan bahwa 240 juta token LUNA tambahan akan dipertaruhkan untuk melindungi jaringan dari serangan tata kelola.

LUNA adalah token tata kelola Terra , yang berarti dapat digunakan untuk memberikan suara pada proposal dalam ekosistem. Dan karena peningkatan besar-besaran dalam jumlah LUNA yang tersedia di pasar terbuka, meloloskan proposal berbahaya adalah risiko utama.

Pasokan LUNA yang beredar meningkat menjadi 13,72 miliar selama seminggu terakhir karena proposal 1164 , yang pada dasarnya meningkatkan jumlah LUNA yang dapat dicetak per blok.

Namun, masih harus dilihat apakah langkah-langkah ini akan menyelamatkan pasak UST atau harga LUNA.