Saat dan Tempat yang Tepat untuk Belajar agar Smart

  • Whatsapp

Saat dan Tempat yang tepat untuk belajar ada banyak sekali, namun membuat semangat saat akan belajar pastinya bukan hal yang mudah bagi para pelajar yang memang berjuang demi mencapai nilai yang memuaskan dalam setiap mata pelajaran. Kita harus bisa mencari Saat dan waktu yang tepat agar kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan nyaman, agar materi pelajaran yang kamu pelajari dapat terserap dengan baik.

Bagi seorang siswa tentu itu bukan hal yang mudah. Karena saat dan tempat yang tepat untuk belajar itu tidak mudah di cari, bahkan di saat mood belajar hilang tentu tidak bisa di gunakan untuk belajar.

Muat Lebih

  1. Waktu yang tepat

    • Bagi seseorang yang sudah terbiasa tentu saja sudah memiliki waktu yang ia buat agar proses belajar menjadi efektif. Ada 8 waktu tertentu yang mana seseorang bisa menjadi brilian dalam melakukan tugas-tugasnya, yaitu:
    1. Jam 7-9 pagi: Saat terbaik untuk meningkatkan semangat dan gairah
    2. Jam 9 pagi sampai 11 siang: Saat terbaik untuk kreativitas
    3. Jam 11 sampai jam 2 siang: Saat terbaik untuk melakukan tugas yang sulit.
    4. Jam 2-3 siang: Saat terbaik untuk beristirahat
    5. Jam 3 siang sampai 6 sore: Saat terbaik untuk kolaborasi
    6. Jam 6 sore sampai 8 malam: Saat terbaik untuk melakukan tugas-tugas pribadi
    7. Jam 8-10 malam: Saat terbaik untuk bersantai
    8. Jam 10 malam ke atas: Saat terbaik untuk tidur dan menuda segala kegiatan
    • Selain itu tentu juga ada waktu yang terbaik untuk kita yang malas belajar yaitu:

     

    1. Pada waktu sahur yaitu sekitar sepertiga malam.
    2. Pada saat dalam keadaan lapar, karena saat lapar konsentrasi kita bisa meningkat.
  2. Tempat yang tepat

  • Sedangkan untuk tempat tentu harus di tempat yang terasa sunyi sehingga dalam otak kita tidak terganggu dengan hal yang lain. Ada beberapa tempat yang utama dan strategis digunakan untuk belajar:
  1. Pertama, di dalam kamar. Selain tertutup, ia juga terhindar dari berbagai suara yang hinggap ke telinga, sehingga membuat dirinya lebih fokus ketika belajar.
  2. Kedua, tempat yang jauh dari hiburan. Seperti jauh dari suara musik, televisi, dan ponsel, jika mengkondisikan dengan masa sekarang.

 

  • Namun untuk mencari tempat yang terbaik untuk belajar bisa juga di tempat yang mungkin malah aneh untuk belajar misalnya:
  1. Belajar di WC atau Toilet karena di tempat ini tentu sangat sunyi sehingga kita bisa fokus dalam belajar.
  2. Belajar di tempat solat karena tentu saja tidak akan ada kebisingan di sana oleh karena itu juga sangat efektif untuk belajar.

Dari pernyataan di atas tentang saat dan tempat yang tepat untuk belajar, kita harus bisa memanfaatkan waktu dan tempat yang tepat. Semoga bisa di pelajari dengan baik.