Perbedaan Intranet Dan Internet

Di zaman yang maju akan perkembangan teknologi seperti sekarang ini pasti sudah sangat banyak orang yang mengetahui bahkan memakai yang namanya Internet, tetapi masih ada sebagian orang yang belum mengetahui pengertian dan fungsi dari internet dan intranet yang sebenarnya.

Selain internet ada juga yang namanya Intranet, secara harfiah intranet dan internet memiliki pengertian yang berbeda, tetapi intranet dan internet memiliki satu kesamaan, yaitu berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain, nah disini saya akan menjelaskannya perbedaan dari Intranet dan Internet.

1. Pengertian Intranet

Intranet adalah jaringan pribadi atau private network yang menggunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah, Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

2. Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

3. Perbedaan Intranet dan Internet

Intranet:

  1. Biasanya diatur hanya untuk beberapa jenis konten saja.
  2. Bersifat pribadi (hanya untuk kepentingan suatu organisasi/perusahaan tertentu).
  3. Memiliki lalu lintas minimum karena jumlah pengguna lebih sedikit.
  4. Data disimpan pada server sendiri yang tidak bersifat share global

Internet:

  1. Dapat diakses kapan dan di mana saja.
  2. Memiliki lebih banyak lalu lintas karena merupakan jaringan di seluruh dunia.
  3. Bersifat publik ( dapat digunakan untuk umum).
  4. Jaringan luas karena mencakup seluruh dunia.