Pengertian Mengenai Resolusi 8K Dan Penyiarannya

  • Whatsapp

Resolusi 8K adalah resolusi televisi berdefinisi ultratinggi (UHDTV) tertinggi yang pernah ada di dunia televisi digital dan sinematografi digital. 8K mengacu pada resolusi horizontal format-format turunannya yang berada di tataran 8.000 piksel sehingga membentuk dimensi gambar total 7680×4320. 8K adalah resolusi tampilan yang akan menggantikan 4K.  4K dikabarkan akan menjadi standar utama televisi pada tahun 2017.

Sedikit sekali kamera video yang mampu merekam dalam resolusi 8K. Inovator seperti NHK merupakan salah satu perusahaan yang telah menciptakan kamera penyiaran kecil dengan sensor gambar 8K. Sony dan Red Digital .

Baca juga

Cinema Camera Company berencana menyertakan sensor 8K yang lebih besar ke produk-produk kameranya dalam kurun beberapa tahun selanjutnya. Meski 8K tidak akan mengubah pertelevisian dalam waktu dekat, alasan utama para pembuat film menggunakan kamera 8K adalah mendapatkan rekaman 4K yang lebih bagus.

Melalui proses downsampling, gambar 8K beresolusi tinggi yang di-downsample ke 4K akan menciptakan gambar yang lebih tajam dengan warna yang lebih kaya. Efek ini tidak bisa dihasilkan oleh kamera 4K yang sensor resolusinya lebih rendah.

Salah satu Penyiaran menggunakan resolusi 8k

Stasiun televisi pemerintah Jepang, NHK mulai meneliti dan mengembangkan 8K pada tahun 1995. Sejak itu NHK menghabiskan $1 miliar untuk mengembangkan resolusi ini. Dengan kode Super Hi-Vision, NHK turut mengembangkan audio suara kitar 22,2 saluran yang rencananya akan dijadikan standar penyiaran pada tahun 2032. Resolusi ini sempat diuji coba pada Olimpiade London 2012 dan Festival Film Cannes.

Film berjudul Beauties À La Carte dengan durasi 27 menit diputar di layar 220” dengan resolusi 8K. Televisi 8K pertama di dunia diluncurkan oleh Sharp di Consumer Electronics Show (CES) pada tahun 2013.

8K FUHD memiliki resolusi 7680 × 4320 (33,2 megapiksel) dan merupakan satu dari dua resolusi televisi berdefinisi ultratinggi selain 4K UHD. Pada tahun 2013, kemampuan jaringan transmisi untuk memancarkan resolusi HDTV dibatasi oleh kecepatan Internet dan bergantung pada siaran satelit untuk memancarkan arus data yang deras.

Permintaan konsumen diperkirakan akan mendorong penggunaan standar pemadatan video serta pemutakhiran jaringan komunikasi fisik dalam waktu dekat.

8K FUHD memproyeksikan 4 kali resolusi horizontal dan vertikal format HDTV 1080p dengan jumlah piksel 16 kali lebih banyak.

8K fulldome memiliki resolusi 8192×8192 (67,1 megapiksel) dan merupakan resolusi proyeksi modern untuk teater kubah penuh berbentuk bola yang biasa dijumpai di planetarium. 8k fulldome memproyeksikan 4 kali lebar dan 7,5 kali tinggi resolusi format HDTV 1080p dengan jumlah piksel 32 kali lebih banyak.

 app recipe

Editor’s Picks