Pengertian Enkapsulasi Beserta Jenisnya

Enkapsulasi adalah suatu cara untuk meyembunyikan implementasi detil dari class untuk mencegah akses yang ilegal. Ada dua hal yang mendasar dari enkapsulasi yaitu information hiding dan interface to access data. Berikut sedikit penjesalan dari hal diatas. Information hiding adalah menyembunyikan informasi dari suatu class agar tidak bisa diakses dari luar class, caranya hanya dengan memberikan modifier private pada varibel yang ingin kita hiding.

Selanjutnya mengenai interface to acces data, ialah cara kita untuk mengubah nilai pada suatu variabel yang telah dilakukan information hiding. Cara yang biasa dilakukan adalah melalui method, lewat method ini kita bisa merubah nilai suatu variabel yang telah mengalami information hiding.

Enkapsulasi tersebut terdiri dari tiga jenis yaitu public, protected, dan private. Berikut penjelasannya :

1. Public

Merupakan kata kunci yang digunakan dalam java yang memungkinkan setiap variabel dan method yang di deklarasikan dalam class public dapat di akses oleh semua class yang sama, subclass atau non subclass yang sama di package yang sama, subclass dan non subclass di package yang berbeda.

2. Protected

Merupakan kata kunci yang di deklarasikan untuk memproteksi suatu class agar setiap variabel dan method yang dideklarasikan tidak dapat di akses oleh non subclass di dalam package yang sama. Dalam class protected, yang dapat mengakses variabel dan method nya adalah jika methodnya berada pada classnya sama, subclass dan non sub yang sama di package yang sama, dan subclass di package yang berbeda.

3. Private

Merupakan kata kunci yang dideklarasikan dalam suatu class agar setiap variabel dan method yang berada dalam class private ini hanya dapat diakses oleh class yang sama. Didalam bahasa pemgrograman java class yang bersifat private memproteksi agar semua variabel dan methodnya tidak dapat di akses oleh semua subclass dan non subclass di package yang sama, dan subclass dan non subclass di package yang berbeda.

  • Contoh program Enkapsulasi.
  1. input 1
    public class Encapsulation {
    
    private String nama;
    private int nim;
    
    public String getNama(){
    return this.nama; 
    }
    
    public void ModifNama(String nama){
    this.nama=nama;
    }
    }

     

  2. input 2
    public class main {
        public static void main(String[] args) {
            Encapsulation objek = new Encapsulation();
            objek.ModifNama("Muksalmina");
            System.out.println("Nama : "+objek.getNama());
            
        }
    }

     

Nah  itu tadi pengertian dan pembelajran mengenai Enkapsulasi pada java. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Sekian Terima Kasih.