Pembelajaran Microsoft Excel Beserta Fungsi Didalamnya

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.

Microsoft Excel secara fundamental menggunakan spreadsheet untuk manajemen data serta melakukan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel. Excel merupakan program spreadsheet elektronik. Spreadsheet adalah kumpulan dari Sel yang terdiri atas baris dan kolom tempat anda memasukkan angka pada Microsoft Excel. Jumlah Sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom atau 17.179.869.184 Sel.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi Sum, Average, Max, Min di Microsoft Excel . Kelima fungsi tersebut merupakan sebuah fungsi yang ada di Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Walaupun sangat sederhana namun penggunaan fungsi fungsi tersebut sangat berguna dalam mengolah data. Misalnya jika kamu ingin mencari total nilai, nilai tertinggi, nilai terendah atau nilai rata rata dari suatu range di Microsoft Excel.

SUM

  • Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Sel awal : Sel Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Sel dari cell awal ke Sel akhir

Average

  • Fungsi Average di Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai rata rata dari suatu range tertentu. Bentuk penulisan fungsi Average di Microsoft Excel adalah =Average( Sel awal : Sel akhir).

Max

  • Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( Sel Range Pertama : Sel Range Terakhir).

Min

  • Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut. =MIN (Sel Range Pertama : Sel Range Terakhir).