Mitos dan Fakta Selama Masa Hamil

  • Whatsapp

Masa kehamilan merupakan waktu dimana seorang calon ibu benar-benar hidup bukan hanya untuk dirinya sendiri, karena dalam rahimnya sudah terikat anak yang notabennya satu tubuh dengan ibu akan tetapi memiliki dua nyawa. Maka dari itu, banyak calon ibu yang sangat berhati-hati dalam menjaga kehamilannya.

Berikut mitos dan fakta selama masa hamil

  • Makan Buah nanas akan menyebabkan keguguran

Dalam kadar tinggi (pada varitas nanas tertentu), mungkin Bromelain dapat membahayakan janin yang masih muda (trimester pertama). jika hanya memakan dalam jumlah sedikit dan usia kehamilan sudah aman (diatas 4 bulan), makan nanas tidak akan mempengaruhi janin, terutama untuk nanas yang sudah tua atau nanas olahan.

Baca Juga

Baca: Penyebab Keputihan Pada Wanita

Banyak ibu hamil menjadikan nanas sebagai santapan buah segar dan kehamilannya tetap aman. sementara kebanyakan keguguran tidak ada hubungannya dengan nanas. keguguran bisa disebabkan karena infeksi, kecelakaan, masalah pertumbuhan, dan kesengajaan (aborsi).

Fakta: nanas mengandung broelain yang melunakkan daging, tetapi belum tentu menyebabkan keguguran kecuali dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jika anda ragu sebaiknya tinggalkan saja.

  • Menjahit akan menyebabkan anak bibir sumbing

Saat anda menjahit, beberapa hal yang harus dihindariadalah duduk terlalu lama dikursi jahit. dengan duduk yang terlalu lama ini, anda dikhawatirkan akan mengalami kecapekan dan mengalami tekanan pada perut. Peredaran darah menjadi tidak lancar dan berpeluang merasakan kram dan kesemutan.

Fakta: bibir sumbing berhubungan dengan kekurangan asupan folat pada ibu hamil. Duduk berlala-lama saat menjahit menyebabkan kram dan kesemutan, tetapi tidak menyebabkan bibir sumbing.

  • Membunuh binatang menyebabkan bayi gugur atau cacat

Tidak ada satupun laporan ilmiah yang mengungkap kasus keguguran janin karena ibunya membunuh binatang. Demikian pula dengan kecacatan, tidak prnah dilaporkan terjadi kecacatan dengan penyebab ibunya membunuh binatang. semua kejadian itu dilatar belakangi masalah asupan gizi, gangguan penyakit, keracunan atau radiasi, aktivitas ekstrim, atau takdir Allah swt. Dengan berjita rahasia dan hikmah, peristiwa itu terjadi meski sang ibutanpa penah membunuh binatang selama kehamilannya.

Fakta: tidak ada kaitan antara keguguran dan membunuh hewan. Hewan yang merugikan sebaiknya dimusnahkan dan hewan tenak dapat disembelih untuk memenuhi kebutuhuan protein selama hamil.

  • Janin buta karena ibu hamil melihat gerhana

Gerhana bulan tidak berhubungan dengan peristiwa kehamilan. orang dewasapun sering menyaksikan gerhana bulan dengan mata telanjang, dan tidak terancam kebutaan. Apalagi bayi dalam kandungan yang matanya masihmenutup, terhalang dinding rahim, lapisaan dinding perut. pertumbuhan organ tubuh janin adalah proses biologis yang terjadi secara rapi dalam kandungan.

Fakta: gerhana bulan tidak berhubungan dengan pertumbuhan janin. Kebutaan disebabkan oleh infeksi penyakit, yaitu toksoplasma, cytomegalovirus, gonorrhea, paparan merkuri dan kurang gizi.

  • Makan daun kemangi menyebabkan ari-ari lengket dan mempersulit persalinan

Lengketnya ari-ati diduga berhubungan dengan ibu yang pernah mengalami beberapa kali kuret atau punya banyak anak. ibu yang pernah mengalami kuret sebaiknya melakukan persalinan diruma sakit (RS) besar dengan peralatan lengkp, sebab penanganan yang kurang memadai dapat beresiko fatal. demikia juga dengan ibu yang telah sering memiliki anak, kelahirannya harus benar-benar terkontrol agar masalah ini dapat dihindari.

Fakta: daun kemangi merupakan sayuran yang kaya akan manfaat dan aman bagi ibu hamil, sedangkan ari-ari lengket diduga berhubungan dengan riwayat kuret dan jumlah anak

Diatas merupakan 5 dari puluhan mitos bagi orang hamil. Jadi yang perlu kita pahami adalah bagaimana akal dan hati kita padukan untuk menentukan hal mana yang memang benar benar mungkin atau hanya anggapan masyarakat luat.

Pos terkait