Mentalitas Orang yang Sok Benar dan Sok Kuasa

  • Whatsapp

Mentalitas sok besar sok kuasa tumbuh subur saat ini. Gak pejabat, gak penguasa. Gak pengusaha, gak rakyat. Sok besar sok kuasa, sungguh ada di dekat kita. Orang lain ngopi di pinggir jalan, kita maunya ngopi di hotel, di Cafe. Bisa jadi, karena kita merasa sok besar, sok kuasa.

Wajar kadang kita gak seneng ama orang yang model gitu. Kita aja gak seneng apalagi orang lain. Soalnya cuma karena merasa “sok besar, sok kuasa”. Merasa paling hebat sendiri. Merasa paling sempurna. Hanya kita yang benar, orang lain salah semua.

Kita semua sadar, gak pengen sok besar sok kuasa. Tapi di saat yang sama kita sering bertingkah, bersikap sok besar sok kuasa. Sadar kalo sok besar sok kuasa itu gak baik. Gak sadar karena ternyata perilaku kita sering kayak gitu. Sok besar sok kuasa… pucing kan? Sama dong.

Sok besar sok kuasa

Itu perilaku yang sering kita lakukan tapi gak pernah disadari. Gak sedikit dari kita yang terlalu mudah marah-marah, ngebentak-bentak anak atau orang lain. Pamer harta dan materi ke banyak orang. Atau malah nganggap remeh orang lain. Berapa banyak orang yang hari ini ngotot ngejar duniawi, lupa amal lupa sedekah. Bergaul aja suka pilih-pilih teman.

Kita sering memaksakan kehendak. Gila hormat, minta dilayani minta dihormati. Doyan banget nyari kesalahan orang lain. Mentang-mentang cantik, ganteng, punya jabatan, kaya, pinter pengennya dipuji. Doyan diagul-agulin. Ujung-ujungnya jadi sombong, gak mau bilang terima kasih, kerjanya nyuruh gak mau minta tolong. Wajar akhirnya jadi susah minta maaf.

Itu semua karena Sok Besar & Sok Kuasa. Sok besar atas yang kita punya dan miliki, sok kuasa atas apa yang kita inginkan. Sungguh, sikap dan tingkah laku yang gak ciamik. Sok besar, sok kuasa. Baik atas diri sendiri maupun orang lain.

Sok besar sok kuasa itu penyakit hati. Terlalu gemar menuruti pikiran sendiri, pengen ngatur semuanya. Kita suka lupa hidup kita sudah ada yang atur. Kenapa juga kita jadi sok besar sok kuasa.

Gak perlu deh kita kayaknya sok besar sok kuasa. Buat apa sih, orang semua label yang ada pada diri kita cuma titipan doang. Gak bakal abadi. Buat apa sok besar sok kuasa? BUAT APA AJG?

Untuk apa kita ngotot mengendalikan pikiran dan perilaku orang lain. Buat apa ngotot memaksakan kehendak? Buat apa kita suruh orang lain pilih si A, jangan si B. Buat apa orang lain gak boleh begini, tapi kita boleh begitu. Sungguh karena kita sok besar sok kuasa. Merasa orang lain bisa kita atur. Tapi gak sadar, hidup kita sendiri ada yang ngatur. Kok masih merasa sok besar, sok kuasa.

sok besar sok kuasa itu penyakit hati. Terlalu gemar menuruti pikiran sendiri, pengen ngatur semuanya. Kita suka lupa hidup kita sudah ada yang atur. Kenapa juga kita jadi sok besar sok kuasa

kita itu bertanggung jawab atas kebahagiaan kita sendiri. Bukan orang lain. Maka gak perlu sok besar sok kuasa untuk menjadikan orang lain seperti yang kita mau. Kebaikan itu bukan milik kita tapi milik Allah. Kita hanya ditugaskan untuk mengajarkannya tanpa perlu memaksanya. Kalo begitu, maka hidup kita pun sehat.

Editor’s Picks