Memahami Perbedaan CSS, CSS2, Dan CSS3

1. Pengertian dan Versi CSS

CSS atau Cascading Style Sheet adalah layer untuk membuat style pada program yang berbasis HTML. Fungsi CSS sendiri untuk membuat desain front-end pada website menjadi lebih menarik untuk dilihat seperti untuk menentukan warna, font, button, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang master CSS, kita perlu memahami beberapa model styling pada CSS seperti External Style Sheet, Internal Style Sheet dan Inline CSS. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan pengenalan tentang perbedaan CSS, CSS2, dan CSS3 untuk anda.

Sebelum memahami tentang perbedaan pada CSS, CSS2, dan CSS3 ada baiknya kita mengetahui uraian singkat tentang ketiga versi css tersebut.

Berikut merupakan beberapa uraian singkat dari masing-masing versi CSS:

1. CSS
CSS ini merupakan versi pertama yang diimplementasikan pada program yang berbasis HTML. CSS versi pertama ini hadir pada tahun 1996, CSS menjadi bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan typeface, text, background, font, dan lain sebagainya. Namun, untuk versi pertama ini juga masih sangat terbatas karena juga mengikuti perkembangan HTML di masa itu.
2. CSS2
CSS2 merupakan versi pengembangan lanjutan dari CSS versi pertama. CSS2 ini hadir pada tahun 1998 atau dua tahun setelah CSS pertama diperkenalkan, CSS2 ini mulai menambah beberapa fitur seperti dukungan media, desain layout, dan lain sebagainya.
3. CSS3
CSS3 merupakan versi CSS yang ketiga dari CSS. CSS3 diperkenalkan satu tahun setelah CSS2 diperkenalkan yaitu pada tahun 1999. Pada CSS3 ini ada beberapa tambahan yang diperkenalkan pada versi ini salah satu-nya adalah presentation-style, yang berguna untuk anda dapat menambahkan presentasi yang diambil dari sebuah dokumen.

2. Perbedaan dari ketiga versi CSS

  • CSS dan CSS2 hanya memiliki komponen sederhana yaitu Simple Selector sedangkan pada CSS3 dilengkapi dengan pembaruan komponen yang disebut dengan a sequence of simple selectors.
  • Pada CSS2, Hanya bisa mengkompres single dokumen, sedangkan pada CSS3 memiliki spesifikasi yang lebih variatif.
  • CSS3 dilengkapi dengan kemampuan untuk memisahkan teks pada beberapa kolom yang memudahkan kita untuk membaca seperti halnya pada saat melihat majalah atau koran.
  • CSS3 memiliki kemampuan styling yang lebih variatif untuk kebutuhan desain seperti pada saat membuat border dan lain sebagainya yang juga sudah lebih variatif.
  • Dengan CSS3 situs akan bisa lebih berkembang dan bisa lebih interaktif lagi dengan pengunjung.