Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

  • Whatsapp
Manfaat Langsung Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Menjaga kesehatan sesungguhnya mudah dan murah. Salah satunya, langsung minum air putih saat bangun tidur sebelum melakukan aktivitas lain.

Jumlah air putih yang diminum sebaiknya 500 mililiter. Namun tak perlu memaksakan diri atau tidak jadi minum karena tidak bisa menenggak habis 0,5 liter.

Baca Juga

Konsumsi air bisa lebih sedikit asal dilakukan rutin. Selanjutnya, pastikan jumlah konsumsi air tiap hari mencapai 2 liter yang setara 7-8 per hari sesuai standar umum. Berikut 6 manfaat langsung minum air putih setiap hari.

Mengatur kadar gula darah

Kecukupan air putih membantu tubuh mengendalikan diri mengkonsumsi asupan yang berisiko. Termasuk yang mengandung gula tinggi dengan risiko fluktuasi kadar gula dalam tubuh dan intoleransi insulin.

Mencukupi kebutuhan tubuh

Tubuh menggunakan seluruh persediaan air saat tidur di malam hari. Akibatnya tubuh berisiko kekurangan cairan, apalagi jika tidak terbangun di tengah malam untuk minum. Segera minum saat bangun tidur mengembalikan sediaan air (rehidrasi) dan memastikan kebutuhan tercukupi.

Baca: Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Memperbaiki daya tahan

Seiring waktu, kebiasaan minum air putih akan memperbaiki daya tahan tubuh. Sistem imun yang lebih baik membantu tubuh tidak mudah masuk angin, batuk, flu, atau mengalami penyakit infeksi lain terutama saat pergantian musim.

Memperbaiki penampilan

Minum air putih ternyata juga berdampak baik pada penampilan pria dan wanita. Kecukupan air putih menjaga kelebapan rambut, kulit wajah, dan tubuh. Rambut dan kulit terlihat bercahaya, tidak kusam, dan lembut.

Mengendalikan rasa lapar

Salah satu cara mengendalikan lapar adalah memastikan kecukupan air putih tiap hari. Rasa lapar yang terkendali memudahkan tubuh memilih asupan yang lebih bernutrisi, tidak menimbulkan gangguan pencernaan, dan minim risiko penyakit misal hipertensi.

Baca: Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Meningkatkan efektivitas sikat gigi

Bakter dan organisme lain yang mengakibatkan infeksi gigi memperbanyak diri di malam hari. Berkubur dan minum air putih membantu membersihkan sebagian organisme dari rongga mulut. Hal ini meningkatkan efektivitas sikat gigi untuk menjaga kebersihan.

Pos terkait