Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

  • Whatsapp

Mandi merupakan aktivitas membersihkan diri dengan air dan sabun. Dengan begitu, tubuh bisa menjadi lebih segar untuk memulai hari.

Ternyata ada segudang manfaat saat seseorang mandi air dingin di pagi hari. Apa saja? Yuk simak.

Muat Lebih

Berikut manfaat mandi air dingin dirangkum dari berbagai sumber:

Lelah

Sebuah studi membuktikan manfaat mandi di pagi hari bisa membantu penyembuhan lelah seseorang sehabis beraktivitas. Pasalnya, air yang dingin bisa meredakan nyeri dan inflamasi di otot yang lelah.

Baca juga: Antara Mandi Air Dingin Dengan Air Hangat, Mana Yang Lebih Baik?

Aliran Darah

Menyiram air dingin pada bagian atas hingga bawah tubuh bisa melembabkan serta mengencangkan pori-pori di kepala. Hal itu pun mendorong aliran darah semakin lancar.

Berat Badan

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan berat badan, mungkin mandi pagi bisa menjadi solusinya. Sebab, jaringan lemak dalam tubuh akan aktif dan berubah jadi energi panas ketika dalam kondisi dingin.

Imun

Mandi sebelum subuh atau pada pukul 4 pagi dapat meningkatkan gerakan limfatik. Nah, kinerja limfatik tersebut dapat mendorong sel darah putih untuk melawan infeksi serta virus dalam tubuh.

Artinya, manfaat mandi air dingin bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Jantung

Ketika tubuh diguyur air dingin di pagi hari ternyata bisa memicu respons positif dari tubuh. Sebab, kondisi dingin tubuh membuat badan mencari udara hangat dari luar sehingga bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Dengan meningkatnya kadar oksigen, kinerja jantung akan lebih baik dan sehat.

Rambut

Mandi di pagi hari biasanya sedingin air es. Nah, air dingin tersebut dapat membuat rambut jauh lebih sehat dan kuat lho!

Jadi bagi kamu yang punya masalah kerontokan rambut bisa mencoba cara ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Kesuburan

Mandi pagi yang bagus sebaiknya dilakukan sebelum subuh. Sebab, di waktu tersebut tingkat kesuburan seseorang bisa meningkat karena pemicu produksi hormon testosteron pria dan estrogen wanita adalah mandi pagi.

Depresi

Tak hanya mandi air hangat yang bisa mengatasi stres, tetapi mandi air dingin juga bisa. Hal itu terjadi karena oksigen mengalir lancar ke seluruh bagian tubuh.

Dengan kebutuhan oksigen yang terpenuhi, tingkat stres dan depresi pada seseorang pun bisa berkurang.

Loading...

Pos terkait