Manfaat Berciuman yang Tak Kamu Sadari Selama Ini

  • Whatsapp

Ciuman menjadi aktivitas yang umum dilakukan oleh pasangan suami istri. Selain untuk memperkuat hubungan, berciuman juga ternyata memiliki banyak manfaat lain.

Tentang mencium pasangan bibir, walau kerap dianggap aktivitas yang berkaitan dengan hal romantis namun ternyata berciuman punya manfaat kesehatan. Berikut manfaat berciuman yang mungkin tak kamu sadari yang mahesa id kutip dari Reader’s Digest.

Muat Lebih

Menurunkan tekanan darah

Anda mungkin memperhatikan bahwa berciuman membuat jantung memompa, dan itu hal yang baik. Detak jantung yang meningkat menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga jumlah darah yang sehat akan mengalir lancar ke organ-organ tubuh yang membantu mengurangi tekanan darah Anda.

Bisa bakar kalori

Menurut beberapa penelitian, berciuman bisa membakar dari dua sampai enam kalori per menitnya. Memang sedikit ekstrem, tapi berciuman selama kurang lebih satu jam dapat membakar kalori yang setara dengan satu bar cokelat atau segelas alkohol.

Baca juga: Benarkah Tidak Memakai Celana Dalam Justru Lebih Sehat?

Mengurangi stres

Tidak ada yang lebih baik dari berciuman setelah hari yang panjang dan menegangkan. Selain melepaskan gelombang hormon relaksasi oksitosin, berciuman juga dikaitkan dengan penurunan hormon stres kortisol. Ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yang mengarah pada perasaan tenang dan puas.

Obat sakit kepala

Gagasan bahwa ciuman sederhana dapat mengurangi rasa sakit kepala mungkin kedengarannya tidak lebih dari efek plasebo, tetapi itu sepenuhnya benar! Karena meningkatnya aliran darah yang dihasilkan oleh ciuman, itu dapat mengurangi rasa sakit kepala, bahkan kram menstruasi.

Baik untuk kesehatan mulut

Menurut Mark Burhenne, DDS, pendiri Askthedentist.com, dan penulis The 8-Hour Sleep Paradox, berciuman mendukung kesehatan gigi dan mulut dalam beberapa cara. Salah satunya adalah bahwa berciuman adalah salah satu dari sedikit cara untuk berbagi mikrobiota yang baik.

“Jika microbiome oral Anda tidak begitu beragam atau sehat, menukar air liur dengan pasangan yang memang memiliki microbiome oral sehat mungkin merupakan trik yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kesehatan Anda sendiri,” katanya.

Loading...

Pos terkait