Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Beras merupakan makanan pokok yang mudah ditemukan di Indonesia. Tak hanya beras putih, ada banyak macam beras yang siap mengenyangkan serta menyehatkan tubuh anda. Mulai dari beras cokelat, beras merah, hingga beras hitam.

Banyak yang tidak begitu mengenal beras hitam. Beras hitam adalah kumpulan berbagai jenis beras dari spesies Oryza sativa L, termasuk beberapa di antaranya adalah beras ketan. Nasi hitam memiliki tekstur lengket dan rasa gurih kacang, sangat cocok untuk dibuat bubur, makanan penutup, kue beras hitam tradisional, roti, dan mie. Beras ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan beras putih.

Baca juga

Meski tampilan beras hitam tidak begitu menarik tetapi beras hitam memiliki manfat yang menyehatkan bagi tubuh. Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan tidak seperti besas putih. Berikut adalah beberapa manfaat beras hitam bagi kesehatam tubuh, antara lain:

1. Menyehatkan pencernaan

Beras hitam dapat menyehatkan karena kaya akan kandungan serat yang membantu dalam mencegah sembelit, kembung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Beras hitam juga membantu dalam menurunkan kadar GI dalam darah.

Serat yang terkandung dalam beras hitam dapar membantu meningkatkan aktivitas gerak usus. Bahkan dengan dosis tinggi, serat dapat mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya kelaur dari dalam tubuh.

2. Tinggi protein

Semangkuk nasi hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan proteinnya. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

3. mencegah dan mengelola diabetes

Beras hotam dapat mencegah diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi (3,5 kali lipat lebih banyak dari nasi putih), beras hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap stabil. Oleh karena itu, makan nasi hitam dalam diet juga membantu Anda dalam mencegah risiko diabetes tipe 2 dan mengelola pra-diabetes, karena kandungan gula yang juga rendah.

4. Meningkatkan ketajaman fungsi otak

Selain berfungsi untuk mencegah dan mengelola diabetes baras hitam memiliki kandungan antocyanin yang dapat meningkatkan ketajaman memori dan fungsi kognitif otak, dengan memerangi stres oksidatif dalam tubuh.

5. Mengontrol berat badan

Mengonsumsi beras hitam untuk menurunkan berat badan menunjukkan hasil yang lebih baik daripada beras merah, karena teksturnya yang lebih padat dan lebih kaya serat namun rendah kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beras ini membantu untuk mengontrol asupan kalori dan akibatnya melindungi terhadap obesitas dalam jangka panjang.

 app recipe

Editor’s Picks