Manfaat Bekatul untuk Kesehatan

  • Whatsapp

Bekatul memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa kamu coba. Namun sebelumnya, kamu harus mengetahui apa itu bekatul?

Bekatul adalah serbuk halus atau tepung yang diperoleh setelah padi ditumbuk dan kulit padi dipisahkan dari bulirnya. bekatul sekilas mirip dengan dedak karena memiliki warna cokelat muda yang senada. Hal ini membuat banyak orang yang sulit membedakan antara keduanya.

Muat Lebih

Baca juga: Benarkah Tidak Memakai Celana Dalam Justru Lebih Sehat?

Pengonsumsian beras yang masih mengandung bekatul sudah mulai ditinggalkan karena penggilingan padi menggunakan mesin. Penggilingan dengan mesin membuat bekatul benar-benar hilang dari beras.

 

Bekatul saat ini lebih banyak digunakan untuk pakan ternak, padahal bekatul tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Bekatul mengandung komponen bioaktif pangan yang bermanfaat. Apa saja manfaat bekatul untuk kesehatan? Berikut manfaat bekatul untuk kesehatan yang harus kamu coba:

 

Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Magnesium yang terkandung dalam bekatul memiliki manfaat untuk mencegah batu ginjal. Dengan mengonsumsi bekatul maka dapat mencegah munculnya batu ginjal. Sekalian batu ginjal, bekatul juga bisa mencegah batu empedu dan batu saluran kemih.

 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat bekatul juga dapat digunakan untuk diet. Bekatul mampu menurunkan berat badan karena kandungan serat serta vitamin yang memberikan efek kenyang dalam waktu lama. Bekatul juga mengandung kalori rendah yang membuat kamu tidak kelebihan dalam asupan kalori.

 

Untuk Kecantikan

Bekatul banyak digunakan untuk bahan tambahan pada produk kecantikan. Bekatul dipercaya dapat mengatasi masalah kulit wajah dengan sangat baik. Menggunakan bekatul dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Manfaat lainnya yaitu untuk mengontrol kulit kering yang dapat membuat wajah terasa lebih ringan dan awet muda. Kamu bisa membuat masker bekatul dengan mencampurkan yoghurt dan madu.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Bekatul pada beras merah bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan vitamin B15 berperan untuk metabolisme otot termasuk otot jantung, hal ini membuat otot pada jantung lebih kuat. Zat-zat lain yang terdapat di dalam bekatul juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat membuat jantung lebih sehat. Mengonsumsi bekatul secara rutin dapat membuat jantung tetap sehat.

 

Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat bekatul lainnya dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Bekatul memiliki banyak jenis mineral yang penting. Adanya kandungan kalsium dan magnesium di dalam bekatul membantu pertumbuhan tulang dan gigi lebih cepat.

 

Mencegah Penyakit Alzheimer

Kandungan di dalam bekatul dapat mencegah penyakit alzheimer. Bekatul memiliki kandungan antioksidan yaitu tokoferol dan asam ferulat.

Baca juga: Ternyata Makan Cokelat Bisa Meningkatkan Kualitas Otak

Mencegah Kencing Manis

Bekatul juga bermanfaat untuk penyakit kencing manis. Kandungan antioksidan di dalam bekatul dapat mencegah penyakit kencing manis.

Besar sekali bukan manfaat bekatul untuk kesehatan? Kamu dapat mencampurkan bekatul dalam sup, bubur kacang hijau, susu coklat, dan santan kelapa. Berani mencobanya?

Loading...

Pos terkait