Macam-macam OS Pada Smartphone Dan Komputer

Seiring berkembangnya dunia teknologi, tidak heran jika keberadaan sistem operasi menjadi begitu bermanfaat bagi berbagai pihak, sehingga bermunculan macam-macam sistem operasi dengan berbagai jenis.

Bahkan, dengan adanya sistem operasi, segala urusan yang berkaitan dunia digital pun semakin mudah. Secara garis besar, berdasarkan bentuknya, ada 4 sistem operasi yang beredar. Diantaranya adalah sistem operasi stand alone, sistem operasi jaringan, sistem operasi Embedded dan sistem operasi live CD.

Macam-macam sistem operasi untuk komputer

Sejauh ini, ada banyak sistem operasi yang bisa digunakan sesuai kategori komputer maupun laptop yang di pilih, termasuk widows yang sangat populer.

Diantara macam-macam sistem operasi untuk komputer yang perlu Anda kenali adalah sebagai berikut:

1. Windows

Keluarkan sistem operasi windows yang saat ini begitu banyak di gunakan di seluruh dunia.
Di awal kemunculannya, sistem operasi yang satu ini sudah menggunakan basis antar muka. Dalam perkembangannya sistem operasi windows pun hampir di pasang di seluruh komputer IBM maupun komputer yang lain.

2. Mac OS

Dari sekian macam-macam sistem operasi yang banyak beredar, untuk kategori yang satu ini bisa disebut sebagai sistem operasi yang cukup eksklusif. Hal ini karena Mac OS tersebut hanya tersedia untuk komputer dari Apple. Sistem operasi ini memiliki cukup banyak kelebihan. Diantaranya bisa untuk multitasking, tingkat keamanan yang tinggi, cocok untuk graphic design dan masih banyak lagi.

Meski demikian, tidak dapat di pungkiri jika komputer dengan sistem operasi ini tidak berarti cocok untuk semua kalangan dengan beberapa kekurangannya. Diantaranya mengingat harga yang lebih mahal, softwarenya yang tidak terlalu lengkap dan tidak cocok digunakan bermain game.

3. DOS

Sistem operasi ini merupakan salah satu dari sistem operasi generasi awal. Jenis ini digunakan oleh komputer IBM dan bisa di katakan sebagai nenek moyang dari sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan microsoft.

4. Linux

Jika dibandingkan dengan windows maupun Mac OS, Linux memang tidak lebih populer.Akan tetapi, tidak dapat di pungkiri juga bahwa penggunaannya pun sudah mendunia. Salah satu yang membuat sistem operasi ini menarik adalah dengan sifat open source, maka pengguna bisa mengembangkan sistem operasinya sendiri secara bebas.

5. Unix

Sebagaimana jenis pertama yang dibahas dari macam-macam sistem operasi untuk komputer berupa DOS, Unix juga merupakan generasi awal. Mulai dari Windows, Mac OS, hingga Linux. Di tambah lagi mengingat sistem operasi ini memiliki beberapa kekurangan seperti tampilannya yang kurang menarik, cukup membingungkan pengguna, dan tidak banyaknya driver yang mendukung.

Macam-macam sistem operasi untuk smartphone

1. Google Android

Saat ini Android menjadi salah satu sistem operasi yang sangat populer. Hampir semua perusahaan smartphone menggunakannya. Sitem operasi yang berbasis Linux dan open source tersebut memang memiliki berbagai kelebihan khusus sehingga sangat recommended. Diantaranya adalah dengan support dari google, bisa menggunakan memori eksternal dan harganya sangat terjangkau.
Meski demikian, tidak dapat dipungkiri jika ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh google Android ini. Diantaranya adalah karena sifat open sourcenya, maka virus lebih mudah masuk.

2. Apple IOS

Sebelumnya sudah dibahas mengenai Mac OS yang eksklusif untuk komputer dari apple. Nah, kali ini tersedia juga IOS yang digunakan khusus untuk smartphone yang menjadi keluaran Apple, yani iPhone. Selain iPhone, IOS juga di temukan di produk Apple lain seperti iPad.
IOS sendiri memiliki banya kelebihan seperti sangat responsif, tidak membutuhkan memori terlalu besar, dan sangat mudah untuk integrasi dengan beragam produk Apple lainnya.

3. Windows Phone

Pada tahun 2010, perusahaan microsoft meluncurkan sistem operasi windows phone yang bisa di gunakan untuk smartphone. Tujuan pelunucurannya kala itu untuk mendapatkan pasaran dari komputer.

Akan tetapi faktanya, kini windows phone sendiri tidak terlalu populer lagi. Terlebih jika dibandingkan dengan Android dan IOS. Diantara kelemahannya adalah karena membuat baterai cepat boros. Aplikasinya tidak selengkap Android dan kemunculannya bisa dikatakan terlambat.