Lensa Kontak yang Bisa nge-Zoom Lewat Kedipan Mata

  • Whatsapp

Ilmuwan dari University of California, San Diego tengah mengembangkan lensa kontak yang istimewa. Lensa kontak ini bikin mata penggunanya bisa nge-zoom!

Dengan kata lain, mata yang dipasangi lensa prototype ini bisa memperlihatkan citra objek dengan pembesaran. Melakukan zoom pada objek bisa dilakukan lewat gerakan mengedipkan mata sebanyak dua kali.

Temuan ini telah dipublikasikan pada Advanced Functional Materials. Disebutkan bahwa lensa biomimetik itu terbuat dari selaput polimer lentur yang merespons sinyal listrik (electrooculographic) yang dihasilkan oleh mata ketika bergerak, seperti berkedip.

Muat Lebih

“Bahkan jika mata Anda tidak bisa melihat apa-apa, banyak orang masih bisa menggerakkan bola mata mereka dan menghasilkan sinyal elektro-okuler ini,” kata ketua peneliti Shengqiang Cai kepada New Scientist.

Meskipun ini masih awal dari tahapan yang panjang, para ilmuwan berharap penemuan mereka dapat digunakan dalam prostesis, kacamata yang dapat disesuaikan dan robot yang dioperasikan dari jarak jauh di masa mendatang. Demikian dikutip dari End Gadget.

Loading...

Pos terkait