Inilah Makanan Sehat Yang Baik Untuk Tubuh

  • Whatsapp

Makanan yang sehat adalah makanan mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi agar dapat tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal. Syarat makanan yang sehat, yaitu bersih, memiliki gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

1. Sayuran Hijau

 

Muat Lebih

Biasa sayuran yang masih fresh dan bagus bisa dicari di pagi hari. Contoh nya Bayam, bok choy, brokoli, kale, lobak Swiss, dan sawi hijau merupakan kelompok sayuran berdaun hijau yang paling padat gizi. Didalam sayuran hijau terdapat kandungan beta karoten, folat, kalsium, klorofil, lutein, serat, vitamin C, dan zeaxanthin. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meminimalisir peradangan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, dan melawan radikal bebas yang berbahaya.

2. Makanan Tinggi Serat


Serat selain baik untuk kesehatan pencernaan, tapi juga bermanfaat membantu mencapai berat badan normal, menurunkan kadar kolesterol, dan mengontrol kadar gula darah agar tidak berpenyakit diabetes. Makanan sehat seperti;

  • buah-buahan (apel, jeruk, dan pisang).
  • beras merah.
  • sayur-sayuran (bayam, kangkung, kembang kol, gandum,dan wortel).
  • kacang-kacangan (kapri,buncis,dan lain-lain).

3. Makanan yang Mengandung Antioksidan dan Lemak Baik

 


Lemak baik maksutnya tidak berlebihan. Buah-buahan beri seperti anggur, blackcurrant, blueberry, cranberry, raspberry, dan stroberi menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Nutrisi buah beri diperkaya oleh antioksidan tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tubuh dari berbagai penyakit. Tomat juga bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan osteoporosis karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan dan vitamin C.

Selain itu, alpukat juga menjadi salah satu makanan sehat yang baik bagi jantung berkat kandungan lemak baik yang ada di dalamnya. Alpukat bisa menurunkan kolesterol jahat atau yang disebut Low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau High-density lipoprotein (HDL) dalam tubuh sehingga bisa membuat tekanan darah normal dan organ jantung lebih sehat. Nutrisi dari buah alpukat juga mengandung mineral, vitamin A, B, C, E, dan K, potasium, serta serat yang baik menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah agar tidak mengidam penyakit jantung.

4. Mengandung Omega-3


Makanan sehat selanjutnya adalah ikan. Hewan yang satu ini sudah dikenal baik untuk otak. Di dalam ikan sendiri ada kandungan karotenoid yang berperan melindungi tubuh dari penyakit syaraf. Selain itu kandungan Omega-3 dalam ikan seperti ikan tuna, salmon, dan sarden bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis dan memiliki umur panjang.

Omega-3 yang ada pada ikan berlemak bisa membuat Anda tetap awet muda dan mengurangi peradangan penyebab penyakit, seperti alergi, alzheimer, kanker, dan penyakit jantung. Sebaiknya konsumsi ikan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Makanan yang Tidak Berlemak Jahat


Lemak jahat ialah banyak mengandung lemak yang berlebihan. Makanan berlemak jenuh seperti daging berlemak, keju, krim, kue, dan mentega bila dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Bila ingin mengonsumsi daging, sebaiknya konsumsi ikan dan daging putih. Sementara untuk keju, pilih keju rendah lemak atau tidak berlemak jahat yang lebih baik untuk dikonsumsi. Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan serta biji-bijian, yakni biji labu, biji bunga matahari, dan wijen.

4Nah,itu tadi bahasan makanan sehat yang baik untuk tubuh kita.tetapi,itu semua kalau tidak di iringi oleh berolahraga akan sia-sia.