Hal yang Didapat Dari Menjadi Siswa RPL

Apakah ilmu yang didapat dari RPL? Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari menjadi siswa  RPL, yang menyangkut hal tentang pendesainan dan percodingan.

1. Desain

Apa yang dimaksud dengan desain (design)? Secara umum, pengertian desain adalah suatu perencanaan atau perancangan yang dilakukan sebelum pembuatan suatu objek, sistem, komponen, atau struktur.
Pendapat lain mengatakan arti desain adalah proses perencanaan atau perancangan suatu objek yang bertujuan agar objek yang diciptakan memiliki fungsi, memiliki nilai keindahan, dan berguna bagi manusia.

Secara etimologis istilah desain berasal dari bahasa Inggris, yaitu “design” yang artinya reka rupa, rencana, atau rancangan. Di dalam proses desain akan memperhitungkan berbagai aspek, seperti; estetika, fungsi, dan berbagai aspek lainnya yang diperoleh dari riset dan pemikiran manusia.

Didalam RPL saat Pendesaianan,RPL mengajarkan untuk mengedit,menggambar,mendesain,suatu gambar. Di dalam RPL salah satu manfaat dari pembelajaran pendesainan adalah kita dapat mendesain sendiri bentuk produk kita jika kita membuat produk sendiri,atau saat orang menginginkan untuk dibuatkan bentuk produk, bentuk produk yang dimaksut adalah untuk pendesainan suatu kemasan produk, maka dari itu RPL banyak dibutuhkan tenaganya untuk pembuatan tersebut.Karena saat kita belajar tentang RPL kita mendapat pembelajaran pendesainan dengan aplikasi yang ada .

2. Coding

Pengertian coding adalah Proses menulis, menguji, memperbaiki kode dalam membentuk program dengan baik.. Nah coding sendiri secara sangat sederhana bisa diartikan sebagai kegiatan untuk membuat sebuah aplikasi. Namun tentu kita tidak bisa puas dengan penjelasan seperti itu. Istilah ini bisa diartikan sebagai segala jenis usaha atau kegiatan untuk menyusun, menguji, memperbaiki kode-kode tertentu demi menciptakan sebuah program. Secara analogi kita bisa mengumpamakan kegiatan coding sebagai cara kita untuk berkomunikasi dengan mesin. Dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu kita bisa memerintahkan mereka untuk melakukan suatu tugas.

Didalam pembelajaran RPL kita diajarkan untuk mengubah suatu tampilan pada sebuah web dan pada zaman sekarang banyak orang yang mengakses web.Dan kita bisa diajarkan membuat tema pada web,dan dari pembuatan tema tersebut kita dapat menjualnya.Apalagi pada zaman sekarang banyak orang memilih untuk tidak keluar rumah untuk membeli suatu barang.Maka dari itu RPL juga mengajarkan kita membuat aplikasi.Aplikasi ini sudah familiar dimanapun karena seluruh brang digital menggunakan aplikasi untuk mengaksesnya.Dan jika tidak ada aplikasi maka kita tidak akan bisa mengakses hal-hal yang bertipe digital.

Jadi kesimpulan dari hal diatas adalah kita harus mengikuti perkembangan zaman yaitu dengan belajar tentang RPL karena zaman sekarang RPL lah yang menjadi hal utama dalam kehidupan digital.Dan mungkin di masa yang akan datang pekerjaan RPL lah yang tidak akan tergantikan.Maka mulai dari sekarang mari kita bersama-sama belajar dan memahami tentang hal-hal RPL.