Gejala Tumor Otak yang Perlu di Waspadai

  • Whatsapp

Gejala dari tumor otak biasanya tidak bisa diketahui secara spesifik. Bahkan, para dokter pun biasanya kebingungan ketika mendiagnosis karena terkadang pasien terlihat baik-baik saja sampai tumor tersebut mencapai stadium lanjutan.

Tumor otak seringkali disertai gejala yang ‘abu-abu’ dan menyamarkan diri sebagai penyakit ‘biasa’ mulai dari kelelahan dan sakit kepala. Namun, jika gejala yang kamu alami bersifat terus menerus dan sulit dihilangkan ada baiknya segera berkonsultasi ke spesialis saraf.

Berikut berbagai gejala tumor otak yang perlu diwaspadai dikutip dari Rider’s Digest.

Baca Juga

Kehilangan keseimbangan

Salah satu peran vital dari batang otak adalah fungsi motorik. Jika mulai merasa sulit berjalan terutama dalam gelap, serta badan cenderung condong ke satu sisi, bisa saja menjadi gejala tumor otak yang disebabkan oleh tumor pada otak kecil yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi.

Lelah dan lesu

Jika mengalami tumor otak, tubuh akan mudah lelah dan terjadi kekurangan pergerakan otot di seluruh tubuh. Selain itu, mungkin tidak akan merasa sakit pada anggota tubuh tetapi kaki dan lengan kiri menjadi lemah dan tidak bisa digerakkan.

Sakit kepala berkelanjutan

Bagi dokter sekalipun, sangat sulit untuk mengetahui perbedaan antasa sakit kepala biasa atau sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak. Yang bisa menjadi indikasi adalah ketika sakit kepalanya berlangsung setiap hari dan tidak kunjung reda.

Sakit kepala karena tumor otak cenderung memburuk dari waktu ke waktu, menyerang di pagi hari dan terasa sangat berat ketika berbaring di tempat tidur.

Perubahan suasana hati

Mereka yang mengidap tumor otak akan cepat mengalami depresi, kemarahan bahkan kecemasan bahkan ketika mereka biasanya tidak sering menunjukkan jenis emosi ini.

Baca: Dampak Psikologis Bagi Anak yang Sering di Bentak Orang Tua

Ini terkait dengan tumor di bagian lubus frontal yang bertanggungjawab pada kepribadian seseorang. Selain itu, akan terjadi perubahan perilaku termasuk lebih marah atau gelisah, sering ikut campur dan terlibat atau bertindak sesuka hati dalam hal seksualitas.

Kehilangan pendengaran

Lobus temporal yang terletak di bagian tengah bawah korteks berfungsi untuk memproses kemampuan mendengar suara, serta kemampuan untuk memahami bahasa dan percakapan.

Jika mengalami gangguan pendengaran dari satu sisi atau sensasi dering terus-menerus, yang dikenal sebagai tinitus, biasanya memang terjadi masalah pada area saraf. Ketika terjadi terus menerus, segera konsultasikan ke dokter.

Kesulitan saat berbicara

Gejala lain dari tumor otak adalah tergagap saat berbicara dan kesulitan menyebutkan nama benda atau memahami apa yang orang lain katakan.

Masalah bahasa adalah gejala tumor otak yang terjadi di area lubus frontal atau temporal yang terkait dengan mungsi motorik dari kemampuan bicara dan pemahaman bahasa.

Pos terkait