Fungsi Output dari ECHO, PRINT, dan juga PRINTF

  • Whatsapp

ECHO, PRINT,dan PRINTF merupakan sebuah fungsi pada bahasa program PHP yang di gunakan untuk mengoutput data dengan beberapa ketentuan. Misalnya perintah untuk menampilkan hasil output, perintah pengulangan data, kondisi, dan masih banyak lagi.

Untuk menampilkan hasil output, sering digunakan fungsi echo, print dan printf. Namun ternyata masih banyak juga teman-teman yang belum mengetahui secara persis perbedaan dari fungsi-fungsi ini. Perbedaanya terdapat pada data yang di output. Untuk Echo digunakan untuk output teks layar. Sedangkan Print sama seperti Echo namun dalam jangkauan yang lebih kecil. Berbeda dengan Prinf yang bisa menampilkan data dengan berbagai format. Nah, berikut saya akan jelaskan perbedaan dari ketiga fungsi tersebut:

Baca juga

 

1. Echo
Fungi echo() adalah fungsi untuk menampilkan teks ke layar. Fungsi ini dapat digunakan dengan tanda kurung maupun tanpa tanda kurung.
Contoh:

<?php
echo "selamat datang", 1, 2, 3, 4, " sampai jumpa <br />";
?>

Fungsi echo() tidak akan mengembalikan apa-apa setelah dieksekusi. Dia hanya bertugas menampilkan teks saja.

2. Print
Fungsi print() sama seperti fungsi echo(). Dia juga digunakan untuk menampilkan teks ke layar. Fungsi print() juga bisa digunakan tanpa tanda kurung.
Contoh:

<?php
print ("selamat datang, sampai jumpa <br />";
?>

 

3. Printf
Fungsi printf() adalah fungsi untuk memformat teks atau string. Fungsi ini akan mengembalikan panjang dari teks saat dieksekusi.
Contoh:

<?php
printf ("%s %d %0.02 <br />\n", "string", 10, 3.14) ;
?>

Simbol %.2f artinya kita akan menetak bilangan dengan dua angka di belakang koma. Pada printf, parameter pertama menunjukan format string, dan parameter ke 2, 3 dst… menunjukan argumen atau data. Format string selalu menggunakan tanda persen (%). Pada format %s mewakili kata “sting” (data bertipe string), %d mewakili 10 (data bertipe integer), %0.02f mewakili 3.14 (data bertipe bilangan real).

Kita sudah mengetahui perbedaan fungsi echo(), print(), printf(). Tiga fungsi ini memiliki kegunaan yang sama, yaitu mencetak teks ke layar. Itu tadi penjelasan mengenai fungsi dari Echo, Print,dan Printf yang digunakan untuk mengoutput data. Sedangkan fungsi yang sering digunakan adalah ECHO karena mudah dalam pengetikanya.

 app recipe

Editor’s Picks