Fungsi Kode N, P, R, D, dan D1 pada Tuas Transmisi Mobil Matic

  • Whatsapp

Mobil transmisi otomatis semakin digemari konsumen karena kemudahan pengoperasian. Meski begitu, belum semua orang mengenali kode-kode yang ada di tuas transmisi mobil matik.

Mobil matik memiliki beberapa kode yang tidak dimiliki mobil manual. Antara lain N, P, R, D, dan D1 atau low. Apa sih artinya?

Baca Juga

Kode pertama adalah Neutral atau N. Neutral ini menunjukkan posisi netral. Posisi ini digunakan jika mobil harus berhenti dalam waktu lama, misalnya saat macet. Fungsinya sama dengan kode N pada transmisi manual.

Kemudian P artinya adalah Park (parkir). P digunakan saat mobil parkir. Dengan memindah tuas transmisi ke posisi P, maka mobil tidak dapat digerakkan sama sekali. Posisi transmisi pada P akan membuat mobil terkunci. Maka itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan kode ini saat mobil harus parkir paralel.

R merupakan kode untuk Reverse (R). Fungsi R digunakan saat mobil ingin berjalan mundur.

Selanjutnya D adalah kode untuk Drive. D digunakan saat melajukan mobil. Jika ingin memacu mobil lebih cepat, tidak perlu menggeser tuas transmisi lagi, cukup dengan menginjak pedal gas lebih dalam saja. Komponen electronic control unit akan menyesuaikan dengan putaran mesin.

Sementara untuk D1 atau L (Low) umumnya digunakan saat mobil melalui jalan menanjak yang curam. Pada beberapa mobil otomatis, D1 atau L akan diikuti dengan kode 2 dan 3, ada juga yang menggunakan kode +/-.

mahesa on Google News

Editor’s Picks