Cara Upload Aplikasi di Play Store

  • Whatsapp
cara upload aplikasi android di playstore

Google Play, sebelumnya Android Market, adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google. Ini adalah layanan sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Android software development kit (SDK) dan diterbitkan melalui Google. Google Play juga berfungsi sebagai toko media digital, yang menawarkan program musik, buku, film, dan televisi. Ini sebelumnya menawarkan perangkat keras Google untuk pembelian sampai diperkenalkannya pengecer perangkat keras online yang terpisah, Google Store, pada 11 Maret 2015, dan juga menawarkan publikasi berita dan majalah sebelum perbaikan Google News pada 15 Mei 2018.

Aplikasi tersedia melalui Google Play baik gratis atau dengan biaya. Mereka dapat diunduh langsung pada perangkat Android melalui aplikasi seluler Play Store atau dengan menyebarkan aplikasi ke perangkat dari situs web Google Play. Aplikasi yang mengeksploitasi kemampuan perangkat keras dari suatu perangkat dapat ditargetkan untuk pengguna perangkat dengan komponen perangkat keras tertentu, seperti sensor gerak (untuk game yang bergantung pada gerakan) atau kamera yang menghadap ke depan (untuk panggilan video online).

Baca Juga

Google Play store memiliki lebih dari 82 miliar unduhan aplikasi pada 2016 dan telah mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang diterbitkan pada 2017.[1] Ini telah menjadi subjek berbagai masalah mengenai keamanan, di mana perangkat lunak berbahaya telah disetujui dan diunggah ke toko dan diunduh oleh pengguna, dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Google Play diluncurkan pada 6 Maret 2012, menyatukan Android Market, Google Music, dan Google eBookstore di bawah satu merek, menandai perubahan dalam strategi distribusi digital Google. Layanan yang termasuk dalam Google Play adalah Google Play Books, Google Play Games, Google Play Film & TV dan Google Play Music. Setelah merek-ulang, Google secara bertahap memperluas dukungan geografis untuk setiap layanan.

Untuk kamu yang ingin memiliki akun Google developer dan ingin mengupload aplikasi di Play Store. simak caranya di bawah ini.

Registrasi di Google Play Developer Console

Pertama-tama kamu harus membuat akun di Google Play Developer Console, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke halaman web  play.google.com/apps/publish

Kamu akan diminta untuk login menggunakan akun Google kamu, jika belum memilikinya maka harus mendaftar terlebih dahulu.
Kamu akan masuk ke bagian “Accept Developer Agreement”. Centang boks persetujuan perjanjian setelah kamu membaca detail perjanjiannya.

Setelahnya kamu akan diminta mengisi detail kartu kredit untuk membayar biaya registrasi sebesar $25. Biaya registrasi ini hanya perlu dibayar sekali saja.
Setelah detail kartu kredit terverifikasi dan pembayaran sudah dilakukan, kamu akan diminta untuk melengkapi detail akun kamu.

Itu saja langkah-langkah untuk registrasi sebagai pengembang aplikasi di Google Play. Tidak sulit bukan? Selama kamu memiliki kartu kredit tidak akan ada masalah. Setelah sukses melakukan registrasi, kamu dapat langsung mengakses Google Play Developer Console kamu. Google Play Developer Console berfungsi sebagai tempat untuk melakukan hampir semua urusan mengunggah dan merilis aplikasi di Google Play.

Registrasi Akun Merchant Google Wallet

Registrasi di Google Play Developer Console saja sebetulnya belum cukup karena kamu hanya akan dapat merilis aplikasi gratis di Google Play. Agar kamu dapat merilis aplikasi berbayar dan menggunakan fitur in-app billing dari Google dalam aplikasi kamu, kamu harus membuat akun merchant Google Wallet melalui Google Play Developer Console.

Pembuatan akun merchant Google Wallet tidak dikenakan biaya dan proses registrasinya cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bantu Pengembang Lokal, Dicoding Sediakan Jasa Penerbitan Aplikasi di Google Play
Klik tautan “Set up a merchant account now” di menu “Settings” > “Account details” di Google Play Developer Console kamu.

Isi detail data kamu untuk registrasi akun merchant Google Wallet. Seharusnya sebagian besar data yang diminta sudah terisi secara otomatis.
Registrasikan data kamu dan selanjutnya akun merchant Google Wallet kamu akan aktif.
Sekarang kamu sudah dapat merilis aplikasi berbayar dan menggunakan in-app billing. Jika kamu belum mengetahui apa itu in-app billing, bisa membaca artikel “Memahami In-App Purchase” yang pernah saya buat sebelumnya.

Cara Upload Aplikasi Di Playstore

siapkan semua alat dan bahan berikut ini untuk mempercepat proses upload aplikasi

  • Akun Google Console (Godev)
  • file APK
  • Komputer atau Smartphone
  • Informasi Tentang Aplikasi Buatan anda : Deskripsi, Foto, Nama Aplikasi dll
    dengan ketentuan seperti di bawah ini

    Gambar screenshot aplikasi minimal 3 buah.Icon format png sebesar wajib 512x512px.Gambar banner sebesar wajib 1024x500px.Tagline dan Deskripsi lengkap aplikasi.Nomer Hp , Email dan Link Privacy Polity dari Aplikasi

Upload Aplikasi File APK di Playstore

Cara upload aplikasi ke Play Store memang susah dan rumit apalagi buat seorang pemula.saya juga pernah mengalami gagal upload aplikasi ( Aplikasi Di tolak ) jika kamu sudah terbiasa maka akan mudah Pastikan kamu sudah memenuhi syarat untuk membuat aplikasi di Play Store yang ada di bagian atas.

buka Broswer google Chrome dan Login Ke Email Kamu
Masuk ke akun Google Play Developer
Kemudian Tekan tombol buat aplikasi,

Nanti akan muncul Tampilan baru untuk kamu mengisi nama aplikasi dan bahasa yang digunakan

Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman Store Listing.
Store Listing ( Keberadaan Toko)
di bagian ini anda di haruskan mengisi semua informasi terkait dengan Aplikasi yang anda buat ,

Anda perlu mengisi nama, deskripsi singkat, deskripsi, ikon aplikasi, screenshot aplikasi (minimal 3), feature graphic (header di Play Store) tipe aplikasi, Sius web , Link Video Youtube, kategori, content rating, E-mail, dan kebijakan privasi.

masih pada bagian halaman Store Listing. anda perlu mengisi dan Membuat link Privacy and Policy, pada bagian ini merupakan tentang kebijakan privasi aplikasi., saya sarankan untuk diisi, Google Playstore mewajibkan setiap aplikasi memiliki kebijakan privasi. dan Sehingga Aplikasi anda mudah Live

App Release (Rilis Aplikasi)
pada Tahap ini anda disuruh untuk mengupload file APK anda , selanjutnya merupakan upload file APK dari aplikasi yang telah dibuat

Buka Tab / Halaman Relaase Aplikasi
Kemudian Klik tombol “Kelola Produksi“
Geser halaman kearab bawah lagi dan klik tombol “Buat rilis“ lalu pilih continue
Kemudian Upload File APK anda klik tombol Upload APK.
Setelah APK selesai di upload, kemudian masukkan nama rilis aplikasi.

Nama rilis dapat berupa versi aplikasi, kode nama, atau kosongin saja
anda bisa memasukkan fitur-fitur yanga ada pada aplikasi anda
Jika sudah semua, klik tombol “Tinjau” pada bawah halaman.

Content Rating atau Rating
pada tahap ini anda di suruh untuk mengisi ranting yang cocok untuk aplikasi anda , Apakah aplikasi anda Tool, Edukasi atau Game, pada tahap ini sanagt penting karena adanya batas umur yang dapat mengintsall aplikasi anda
Buka Tab / halaman Ranting
Klik tombol Lanjutkan.
Masukkan alamat email kamu.dan Konfirmasi alamat email.
Pada bagian anda bisa memilih kategori yang cocok untuk aplikasi Anda silahkan pilih Kategori yang mencakup aplikasi kamu, misalnya saya membuat aplikasi Game petualangan , saya memilih Game
Selanjutnya silahkan isi kuisioner dengan jujur untuk menghitung rating yang cocok untuk aplikasi kamu.
Jika telah selesai,
Kemudian klik Simpan Kuesioner.
Selanjutnya klik Menghitung Peringkat.
Setelah halaman selanjutnya terbuka, klik Terapkan Rating.

Pricing & Distribution

Pada bagian ini akan menentukan apakah aplikasi yang akan kamu publish gratis atau berbayar, serta negara mana saja yang dapat mendownload aplikasi kamu

pilih ke tab Penentuan Harga dan Distribusi
anda bisa menetukan aplikasi anda apakah terrgolong aplikasi gratis atau aplikasi berbayar
Pilih Free jika aplikasi gratis dan pilih Paid jika aplikasi berbayar
Pilih Terbitkan , Untuk menerbitkan Aplikasi anda di google play store
Pilih Available untuk mengizin kan semua Aplikasi Anda di Download di semua negara
Tentukan “Primarily Child-Directed“
jika aplikasi anda cocok untuk anak anak di bawah 13 tahun dan di desain untuk anak anak
, Apakah Aplikasi Anda sudah memenuhi persyaratan dari COPPA atau tidak
jika Sudah Pilih Yes ( Ya ) jika tidak Cocok untuk Anak Anak Pilih Tidak( No)
jika aplikasi anda sudah anda pasang kode iklan admob , dan iklan sudah tayang pada aplikasi anda bisa Pilih Yes

Pindah ke halaman paling bawah. pada bagian IZIN,
centang pada Content guidelines dan US export laws

Setelah Selesai Save Draf

jika anda sudah mengisi semua tahapan di atas mulai dari List Store, App Release, Content Rating dan Pricing & Distribution Maka status aplikasi akan menjadi Siap Dipublikasikan

klik pada Siap Publikasikan

Siap Publikasi Aplikasi Di Playstore

  • Pastikan pada tab App Release, Store Listing, Content Rating, dan Pricing & Distribution sudah bertanda centang hijau
  • Pindah ke tab dan Klik App Release.
  • Klik tombol “Continue“
  • Pindah ke bawah layar, klik Review.
  • Klik tombol Content Guidelines di bagian bawah.
  • Akan tampil pesan pemberitahuan, klik Confirmation.( bahwa anda sudah siap publikasi kan aplikasi buatan mu di playstore

Editor’s Picks