Cara Merawat Bulu Kucing Persia yang Harus Kamu Pahami

  • Whatsapp

Cara Merawat Bulu Kucing Persia yang Harus Kamu Pahami. Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh orang-orang. Memiliki tingkah yang lucu dan gerakannya yang lincah, kucing selalu mendapatkan posisi dihati penggemarnya. Ada berbagai jenis kucing yang sering dijadikan peliharaan. Salah satunya adalah Kucing Persia yang identik dengan kaki yang pendek, hidung pesek, dan tak terkecuali bulu yang lebat. Sedangkan Kucing Persia memiliki berbagai jenis lagi di antaranya ada Kucing Persia Himalaya, Persia Peaknose, dan Persia Medium.

Kucing Persia sangat cocok dijadikan kucing peliharaan, untuk kamu yang ingin membeli kucing persia lebih baik membeli kucing persia yang masih anakan. Berikut harga anak kucing persia yang telah diulas oleh Sudut Hewan.

Baca juga

Identik dengan bulunya yang lebat dan halus, menjadi salah satu daya tarik bagi mereka pecinta kucing. Kucing Persia juga nyaman untuk dipeluk karena kelebatan bulunya. Nah, untuk memiliki Kucing Persia dengan bulu yang lebat dan halus maka kamu perlu merawat bulunya dengan teratur. Kucing Persia memang memiliki perawatan yang sedikit berbeda dengan kucing lainnya dikarenakan memiliki daya tubuh yang tidak sekuat kucing lainnya.

Untuk kamu yang memiliki Kucing Persia dan masih bingung bagaimana merawat bulunya. Berikut ini beberapa cara merawat bulu Kucing Persia.

Memandikan Kucing

Memandikan Kucing Persia juga memiliki beberapa cara yang harus diperhatikan untuk mempertahankan bulunya yang lebat. Nah, sebelum memandikan kucing sebaiknya sisirlah bulu kucing terlebih dahulu untuk menghindari kusut dan gimbal pada bulu kucing. Ketika kamu menemukan bulu kucing yang gimbal alangkah baiknya jangan digunting. Namun, diuraikan dengan tangan secara perlahan-lahan.

Grooming

Grooming adalah suatu proses di mana penyisiran dan penyikatan bulu kucing supaya tetap bersih dan indah. Cara merawat bulu Kucing Persia dapat dilakukan mulai dari penyisiran pada Kucing Persia juga dapat menghindari terjadinya hair ball pada bulu kucing. Sedangkan menyisir bulu Kucing Persia memiliki beberapa langkah. Di antaranya dimulai dengan menepuk secara halus bulu kucing terutama pada bagian punggung. Lalu sisirlah mulai dari bagian perut dan kaki, lalu kepala baguan bawah dan atas, punggung hingga ekor.

Sedangkan untuk menghilangkan kotoran dan lemak pada bulu, taburi dengan bedak bubuk pada bulu kucing. Setelah kotoran terangkat dan dibersihkan maka selanjutnya sisirlah pada bagian leher arah bolak balik.

Nutrisi untuk Kucing

Perawatan bulu Kucing Persia bukan hanya terletak pada bagian luar saja. Namun, pada bagian dalam juga dengan pemberian makanan yang bergizi pada kucing untuk mempertahakan bulu kucing. Pemberian makanan dengan kandungan omega-3 juga termasuk cara merawat bulu Kucing Persia. Omega-3 dapat didapatkan melalui ikan salmon. Selain itu juga dapat diberikan makanan organik yang kaya akan serat.

Kebersihan Kandang Kucing

Pemilihan kandang untuk Kucing Persia sangatlah penting, terlebih untuk perawatan bulunya yang lebat. Pilihlah kandang yang tidak sempit dan tidak lembab, letakkan kandang yang cukup terkena udara untuk kehangan kucing tersebut. Selain itu diperhatikan juga tempat makanan kucing, pilihlah wadah makanan yang tidak terlalu cekung dikarenakan lidah Kucing Persia yang pendek. Letakkanlah makanan pada lokasi yang sama supaya kucing mengenal dimana makanannya sering diletakkan.

Sediakan Pasir

Cara merawat bulu Kucing Persia selanjutnya adalah dengan menyediakan pasir di kandang. Pasir disini digunakan untuk mengeringkan kotoran dari kucing. Pilihlah pasir yang baik untuk kucing, seperti pasir Zeolit. Dengan adanya pasir tersebut kucing akan senantiasa merasa nyaman dan terhindari dari bakteri yang dihasilkan dari kotorannya. Bulu kucing juga akan tetap terjaga kondisinya.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara merawat bulu Kucing Persia yang bisa kamu terapkan kepada Kucing Persia kamu di rumah. Dengan senantiasa merawat kucing peliharaan mulai dari kesehatan tubuh dan bulunya, juga kandangnya. Kucing Persia akan merasa nyaman dan aman selama di kandang ataupun ketika berkeliaran di rumah.

Rafi Abrar

 app recipe

Editor’s Picks