Cara Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood

  • Whatsapp

Mood adalah keadaan emosional yang bersifat sementara. Mood umumnya terbagi menjadi dua, yaitu mood yang baik (good mood) dan mood yang buruk (bad mood). Itulah mengapa di saat seseorang tidak dalam keadaan mood yang baik, dia akan berkata “sedang tidak mood nih”.

Kalimat tersebut bisa menjadi peringatan agar kamu tidak mengganggunya untuk sementara waktu, sampai mood kembali membaik. Nah, seseorang yang memiliki mood berubah-ubah dalam waktu singkat sering disebut “moody”.

Muat Lebih

  • Lakukan Sesuatu yang Membuat Kita Merasa Bahagia

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk Mengubah Bad Mood  Menjadi  Good Mood adalah melakukan  sesuatu yang bisa membuat kita bahagia.Hal-hal sederhana bisa membantu kita merasa bahagia. Seperti bermain game atau berbicara pada oran ynag kita anggap spesial . Hal-hal sederhana ini akan membuat kita merasa jauh lebih baik.

  • Naikkan Mood sesuai Kepribadianmu

Berbeda kepribadian, maka berbeda pula cara yang digunakan untuk menaikkan mood. Kamu yang berkepribadian introvert, cobalah untuk menghabiskan waktu sendirian dan mundur sejenak dari “keriuhan” dunia dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Sementara untuk kamu yang cenderung extrovert, cobalah untuk bercengkrama dengan teman-teman, agar semangatmu bisa kembali bangkit.

  • Tetapkan pengharapan yang realistis

Banyak orang yang suasana hatinya langsung berubah drastis hanya karena kenyataan tidak sesuai dengan ekspetasi. Makanya, cobalah untuk tidak terlalu berharap. Selain itu kita juga harus memikirkan kemungkinan terburuk saat merencanakan sesuatu. Biasanya kita akan jadi bete bila kita tidak berhasil memenuhi ekspektasi kita sendiri yang tinggi. Daripada galau terus-menerus, lebih baik kita membuat daftar tiga hal yang ingin kita lakukan hari ini. Kita akan merasa puas saat berhasil menyelesaikan tiga hal tersebut.

  • Belajar Dari Kesalahan

Perhatikan baik-baik apa yang bikin hari kita kacau balau. Catat hal ini supaya lain kali kita bisa belajar dan menghindari berbagai penyebab kita merasa galau. Paling tidak, kita mendapatkan pelajaran berharga dari pengalaman yang buruk.

  • Temukan Akar Masalah

Cobalah pikirkan apa yang bikin hari kita kacau. Apakah karena kesalahan yang orang lain lakukan, atau justru kita sendiri yang melakukannya? Dengan mengetahui akar permasalahannya, kita bisa menganalisa tindakan apa yang bisa kamu lakukan.

  • Bertindaklah

Setelah menemukan akar masalah, kita harus bertindak agar masalahnya selesai. Jangan hanya mengeluh dan bilang “bete!” sepanjang hari. Karena keluhan kita justru akan bikin hari kita lebih buruk lagi. Lakukan sesuatu yang bisa meredam emosi. Sehingga kita bisa menjalanai hari dengan suasana yang lebih baik.

Hal-hal berikut lah yang mungkin bisa kita gunakan untuk memperbaiki mood yang sedang buruk.