Cara Menginstall XAMPP versi 5.6.3 di Windows

  • Whatsapp

Extensible Messaging and Presence Protocol (XMPP) adalah protokol komunikasi untuk middleware berorientasi pesan berdasarkan XML (Extensible Markup Language). Hal ini memungkinkan pertukaran data terstruktur dan dapat diperpanjang waktu dekat antara dua atau lebih entitas jaringan. Awalnya bernama Jabber, protokol dikembangkan oleh komunitas open-source eponymous pada tahun 1999 untuk pengiriman pesan instan (IM) dekat waktu nyata, informasi keberadaan, dan pemeliharaan daftar kontak. Dirancang untuk dapat diperluas, protokol telah digunakan juga untuk sistem berlangganan-berlangganan, pensinyalan untuk VoIP, video, transfer file, permainan, aplikasi Internet of Things (IoT) seperti smart grid, dan layanan jejaring sosial.

Untuk dapat menjalankan wordpress di komputer lokal, kita harus menginstall aplikasi web server yang mendukung PHP serta aplikasi database MySQL. Untungnya terdapat banyak aplikasi yang membundle ketiga program ini, salah satunya adalah XAMPP.

Baca Juga

Dalam tutorial kali ini kita akan membahas cara menginstall XAMPP di Windows. Versi XAMPP yang akan kita gunakan adalah XAMPP 5.6.3. Meski ini bukan versi terakhir di rilis, versi ini sudah mumpuni untuk pengerjaan. Karena untuk versi terbaru ada beberapa kendala.

 

Mengenal Aplikasi XAMPP

Aplikasi XAMPP adalah aplikasi yang membundle banyak aplikasi lain yang dibutuhkan dalam pengembangan web. Nama XAMPP merupakan singkatan dari aplikasi utama yang ada didalamnya: X (huruf X berarti cross-platform, dimana aplikasi XAMPP tersedia untuk banyak Sistem Operasi), A (Apache web server), M (MySQL), P (PHP), dan P (Perl). Selain aplikasi tersebut, XAMPP juga menyertakan modul lain seperti OpenSSL dan phpMyAdmin.
Selain XAMPP, terdapat juga beberapa aplikasi lain yang juga membundle paket webserver+PHP+MySQL ini (dikenal sebagai aplikasi AMP packages), seperti WAMPserver, AMPPS, dan lain-lain.

Cara Mendownload Aplikasi XAMPP

Untuk dapat menggunakan XAMPP, kita harus mendownloadnya di situs resmi XAMPP: https://www.apachefriends.org. Silahkan buka situs tersebut, kemudian klik pada tombol XAMPP for Windows v5.6.3 (PHP 5.6.3). Penamaan baru XAMPP ini mengikuti versi PHP yang ada di dalam paket tersebut.

Cara Menginstall XAMPP di Windows
Download XAMPP 5.6.3
Mungkin saja versi XAMPP yang anda gunakan akan lebih baru dari ini, tetapi umumnya cara menginstall aplikasi ini akan tetap sama. Jika anda mendapati versi di situs apachefriend bukan lagi XAMPP 5.6.3, dan ingin menggunakan versi XAMPP yang sama persis dengan tutorial kita kali ini, silahkan download dari link berikut: xampp-win32-5.6.3-0-VC11-installer.exe. File XAMPP v5.6.3 berukuran cukup besar, sekitar 143MB. Savelah file ini di dalam komputer anda.

Cara Menginstall XAMPP 5.6.3

Setelah file aplikasi XAMPP tersedia, kita akan mulai menginstall aplikasi ini.

  1. Silahkan double klik file XAMPP anda.
    Jika memiliki antivirus peringatan bahwa jika program anti virus sedang berjalan, proses instalasi mungkin akan berjalan lambat atau mengganggu proses instalasi XAMPP. Jika perlu, anda bisa mematikan anti virus untuk sementara, atau klik saja tombol Yes.
  2. Peringatan UACPeringatan ini berkaitan dengan proteksi pada Windows Vista keatas dimana jika XAMPP diinstall pada folder C:\Program Files (x86) mungkin akan terjadi pembatasan hak akses yang menyebabkan XAMPP tidak berjalan dengan normal. Karena alasan ini, saya akan memindahkan file instalasi XAMPP ke folder lain. Silahkan klik tombol OK untuk melanjutkan.
  3. Jendela awal instalasi akan muncul, Klik Next.
  4. Jendela Awal Instalasi
  5. Jendela berikutnya adalah “Select Component”. Pada bagian ini kita bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Dalam tahap ini saya akan membiarkan semua pilihan. Klik Next untuk melanjutkan.
  6. Pilih komponen yang akan diinstall
  7. Jendela selanjutnya adalah “Installation Folder”. Dalam bagian ini, kita bisa mengubah lokasi dimana file-file XAMPP akan disimpan. Anda bebas menentukan lokasi ini. Sebagai contoh, saya akan meletakkan file XAMPP di D:\xampp_5.6.3. Saya menambahkan angka versi XAMPP karena memiliki beberapa versi XAMPP terinstall di drive D. Penamaan ini hanya untuk mempermudah saya membedakan instalasi XAMPP. Lanjutkan dengan men-klik tombol Next.
  8. Pilih Lokasi Instalasi
  9. Tampilan berikutnya adalah “Bitnami for XAMPP”. XAMPP menawarkan Bitnami sebagai cara cepat menginstall CMS seperti wordpress, joomla dan drupal. Tetapi kita akan menginstall wordpress secara manual, sehingga hapus pilihan “learn more about Bitnami for XAMPP”, kemudian klik Next.
  10. Pilihan untuk Bitnami
  11. Jendela berikutnya adalah konfirmasi untuk mulai menginstall XAMPP, klik Next, dan XAMPP akan memulai proses instalasi beberapa saat.
  12. Mulai Proses Instalasi
  13. Sedang Proses Instalasi
  14. Jika jendela “Completing the XAMPP Setup Wizard” telah tampil, maka proses instalasi XAMPP telah selesai. Pada bagian ini kita akan langsung mencoba aplikasi XAMPP, sehingga biarkan pilihan check list “Do you want to start the Control Panel now?”, kemudian klik Finish.
  15. Proses Instalasi Selesai
Menguji Instalasi XAMPP

Jika anda membiarkan pilihan “Do you want to start the Control Panel now?” pada jendela terakhir proses instalasi XAMPP, maka akan tampil jendela XAMPP Control Panel.

Sesuai dengan namanya, Jendela XAMPP Control Panel ini adalah jendela yang digunakan untuk mengontrol apa saja modul XAMPP yang akan atau sedang dijalankan. Jika jendela ini tidak tampil, anda bisa mengaksesnya dari menu START->All Programs->XAMPP->XAMPP Control Panel.

Untuk menguji instalasi XAMPP, silahkan klik tombol START pada modul Apache dan MySQL. Jika tidak ada masalah, akan tampil warna hijau pada bagian modul ini, seperti tampilan dibawah:
Control PanelSelanjutnya, buka web browser dan ketikkan alamat localhost pada address bar, kemudian tekan enter. Jika tampil jendela pembuka XAMPP, maka semuanya telah terinstall dengan baik.

Selanjutnya pilih menu bahasa. Karena bahasa indonesia belum tersedia, silahkan pilih English, dan tampilan home XAMPP siap diakses.

Sampai disini kita telah berhasil menginstall XAMPP 5.6.3 pada Windows

mahesa on Google News

Editor’s Picks