Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  • Whatsapp

Memiliki wajah anggun berseri tanpa setitik noda merupakan keinginan setiap orang. Namun tak semua orang dianugerahi wajah bersih. Masalah yang paling umum dihadapi orang yaitu jerawat. Jerawat begitu ditakuti oleh siapapun. Bukan tanpa sebab, pasalnya jerawat sangat mengganggu penampilan serta membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Dalam medis menjelaskan, jerawat disebut jenis Acne Vulgaris. Jerawat dapat timbul dikarenakan adanya kelenjar minyak yang berlebihan pada folikel bulu. Ketika folikel itu tersumbat maka muncullah jerawat ke permukaan wajah.

Muat Lebih

Memang terasa sangat menyebalkan ketika jerawat tersebut muncul. Jerawat bisa menjadi dilema serius bagi kesehatan kulit kalau tidak segera diatasi. Jerawat akan semakin parah dikala folikel bulu yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri. Maka yang akan terjadi yaitu munculnya penyakit kulit mirip nodul. pustula, papula bahkan kista. Sungguh mengerikan bukan? Karenanya, penting bagi kau untuk selalu menjaga kebersihan.

Jika kau mengalami jerawat, ada baiknya kau mengatasinya terlebih dahulu dengan bahan-bahan alami. Jangan langsung untuk ke Kelinik kecantikan. Tak semua proses tersebut berjalan dengan baik, kalau tidak cocok, jerawat diwajahmu bisa semakin berkembang.

Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami

1. Madu
Madu bisa kamu jadikan sebagai pembersih wajah secara alami, karena mengandung zat antibiotik yang dapat membunuh bakteri, mecegah infeksi dan membersihkan kotoran pada wajah. Cara menggunakanya, cukup olekan madu pada bagian yang berjerawat lalu diamkan selama 30-60 menit, setelah itu cuci bersih dengan air hangat.

2. Pepaya
Pepaya selain membersihkan wajah, namun juga bisa berfungsi untuk menghilangkan jerawat lho. cara menggunakannya, haluskan terlebih dahulu pepaya, kemudian olesakan pada bagian yang berjerawat atau bisa juga kamu jadikan masker. Tunggu 15-30 menit, kemudian bilas dengan air. Hal ini bisa kamu lakukan 1-3 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Putih Telur
Putih telur mengandung khasiat yang sangat baik untk merawat kesehatan wajah. Masker putih telur bosa membuka pori-pori tertutup dan mengurangi jerawat di wajah. Caranya, kamu siap putih telur, lalu oleskan putih telur itu ke wajahmu, bisa kamu jadikan masker. Diamkan semalam, lalu keesokannya kamu bilas hingga bersih.

3. Uap
Jika kamu menggunakan es batu dapat menutup pori-pori, justru dengan uap pori-pori mu akan terbuka. Justru dengan cara ini akan sangat membantu kamu dalam mengatasi jerawat. Dengan pori-pori terbuka maka akan membuat kulit bernapas, bisa menghilangkan minyak dan mudah dibersihkan dari kotoran yang terperangkap di dalamnya.

Kamu bisa melakukannya di saat kamu sudah tidak begitu sibuk dengan aktivitas. Siapkan air panas didalam wadah mangkuk, lalu letakkan wajahmu sekitar 30 cm dari wadah tersebut. Tutup wajahmu dengan handuk dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bersihkan wajahmu.

4. Bengkoang
Bengkoang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu cukup melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara menggunakannya juga sangat sederhana, kamu haluskan terlebih dahulu bengkoang tersebut, saring dan ambil endapan airnya. Kemudian kamu olehkan pada bagian yang berjerawat. Tunggu sesaat dan bilas hingga bersih.

5. Soda Kue
Bukan hanya berfungsi untuk membuat kue, namun soda kue bisa dijadikan alat untuk membasmi jerawat. Sebelum menggunakan pastikan wajahmu sudah bersih. Kemudian oleskan soda kue yang sudah kamu campurkan air tersebut kebagian wajahmu yang berjerawat. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 15-20 menit. Lalu bilas wajahmu hingga bersih.

6. Strawberry
Jika kamu menyukai buah ini, kali ini kamu harus merelakannya untuk dioleskan diwajahmu ya. Stroberidipecaya mampu membersihkan dan mencerahkan wajah. Nah jika kamu sedang mengalami wajah berjerawat, kamu bisa oleskan stroberi yang sudah kamu belah. oleskan secara perlahan lalu biarkan 1-3 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

7. Minyak Lavender
Minyak lavender memiliki oroma yang menenangkan, ternyata minyak harum ini bisa dijadikan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, teteskan pada wajah yang berjerawat, diamkan sampai meresap. Lebih bainya kamu melakukan hal ini pada pagi hari dan malam hari untuk hasil yang maksimal.

8. Bawang Putih
Bawang putih merupakan antiseptik alami, antijamur, antioksidan, serta dapat mengurangi minyak pada tubuh. Cara penggunaannya, haluskan terlebih dahulu bawang putih, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

9. Tomat
Tomat mengandung vitamin C dan A serta lycopene yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya, haluskan buah tomat, lalu jadikan masker, tunggu hingga 15-30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

10. Kentang
Kentang juga menjadi cara ampuh dalam mengatasi jerawat. Kentang dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara penggunaannya, kamu haluskan terlebih dahulu kentangnya, kemudian olehkan pada pada wajahmu atau bisa kamu jadikan masker. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas bersih.

11. Daun Sirih
Daun sih kaya akan anti-oksidan hal ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu obat jerawat alami. Daun sirih pula bersifat antibakteri, sehingga sangat ampuh untuk membasmi bakteri pada jerawat di wajahmu.

Cara memakainya sangat sederhana, daun sirih kamu haluskan terlebih dahulu, kemudian tambahkan air hangat, diamkan sejenak kemudian kamu bisa langsung menggunakannya. Sangat praktis bukan?

12. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Minyak zaitun memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya peradangan pada wajah yang berjerawat. Ketika kamu menggunakan minyak zaitun maka wajahmu akan terasa lebih lembab.

Sebelum menggunakannya, pastikan wajahmu dalam kondisi bersih, alias tanpa makeup. Setelah itu oleaskan minyak zaitun dibagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga semalam. Keesokan harinya kamu besihkan wajahmu. Lakukan secara rutin agar wajah tampak bersih.

13. Lidah Buaya
Lidah buaya kaya akan kandungan zat aktif yang dipecaya mampu menghilangkan jerawat. Lidah buaya bekerja cepat dalam menghilangkan jerawat. Dalam sekejam saja, wajahmu kembali bersih. Usai memakai lidah buaya, pastikan untuk mencuci wajahmu dengan bersih ya. Lidah buaya memiliki aroma sedikit tidak sedap.

14. Es Batu
Cara paling alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan es batu. Kamu bisa menggunakan kain untuk menampung beberapa es dan letakkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit. Pastikan kamu tidak terlalu menekannya, lakukan secara hati-hati, Jika bagian tersebut sampai luka, takutnya bakteri akan menyerang bagian jerawatmu, sehingga bisa menimbulkan infeksi.

15. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa kamu gunakan. Jeruk nipis dipecaya dapat menghilangkan jerawat. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah, bersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu oleskan jeruk nipis tersebut pada area yang berjerawat, tunggu hinggal 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Namun perlu diperhatikan, kandungan asam yang terdapat pada jeruk nipis akan membuat perih. Jangan lakukan lagi jika kulit mu mengalami peradangan. Hal ini dikarenakan kulit seseroang tak semuanya sama, ada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif.

16. Lemon
Selain mengandung vitamin C, lemon dikenal bisa mengatasi jerawat dengan baik. Jika kamu ingin mencobanya, pastikan untuk menggunakan lemon segar ya. Caranya cukup mudah, potong lemon menjadi dua bagian, ambil cotton bud lalu gunakan itu untuk mengoleskan cairan lemon ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan sampai kering, lalu bilas hingga bersih.

Itulah cara alami menghilangkan jerawat secara mudah. Semoga bermanfaat.
*diambil dari berbagai sumber

Loading...

Pos terkait