Cara Mengatasi Stres Untuk Programmer

  • Whatsapp

Programmer, sebuah kata yang terdengar keren di abad ini bahkan telah memiliki slogan yang sering diucapkan, memang menjadi seorang programmer atau developer itu pekerjaan yang keren bahkan mengelahakan Superman.
Jika anda jadi programmer, anda harus mendapatkan kekuatan super anda sedikit demi sedikit, dan jangan dikira anda hanya balajar bahasa pemrograman saja itu cukup, anda harus belajar apapun yang diminta client.

Memang ada banyak hal pemicu yang menjadikan seorang programmer stress, seperti terlalu lama didepan monitor layar komputer, banyaknya bug, deaddline, pc/laptope error, kadang juga permasalahan pribadi, seperti keluarga sampai percintaan dan lain-lain.

Baca Juga

Stress disini adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental dan ketegangan ini dapat mempengaruhi kinerja keseharian seseorang programmer. Bukan stress yang tingkat akut atau gangguan mental.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar programmer tidak stress, setidaknya dapat mencegah. Beberapa hal itu adalah :

1. Manfaatkanlah waktu istirahat, dan pergi keluar jangan di dalam kantor saja

Manfaatkanlah waktu istirahat makan siang, untuk membeli makanan diluar kantor, supaya kamu tidak bosan didalam kantor saja dan bisa menghirup udara luar. Makan siang adalah istirahat yang harus dinikmati, kalau bisa diskusi masalah hal selain pekerjaan, bercanda dan nonoton film ditempat makan misalnya, ingat waktu makan siang adalah istirahat, jadi istirahatkan pikiran Anda dari pekerjaan untuk sejenak.

2. Jangan selalu di depan komputer, berhenti sejenak

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh para programmer adalah dia tidak bisa lepas dari komputer atau laptopnya. Ini merupakan kebiasaan buruk dimana programmer tidak tahu kapan dia harus rehat atau berhenti sejenak melihat pekerjaannya. Pergi dari komputer, atau mungkin berbaring sejenak untuk menyegarkan pikiran bisa melepaskan diri dari stres. Siapa tahu dengan begitu solusi akan muncul.

3. Bermain Game

Bermain game juga dapat mengatasi stres untuk programmer, asal jangan terlalu berlebihan, dan jangan bermain yang game strategi penuh dan menguras otak, seperti game DOTA 2 atau game online lainnya.

4. Ambil Cuti

Jangan takut mengambil libur atau cuti jika tingkat stress sedang tinggi. Ambil cuti sekitar 1 atau 2 hari untuk full istirahat di rumah dan tidak memikirkan pekerjaan.

mahesa on Google News

Editor’s Picks