Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Beberapa blogger di seluruh dunia memberi masukkan kepada developer untuk menambahkan fitur ini pada dashboard blogger, karena penggunaan file Ads.txt ini harus di simpan pada bagian root domain sama seperti file robots.txt.

Hal ini berbeda dengan WordPress dengan menggunakan self-hosting atau hosting sendiri, kita dapat dengan mudah upload file Ads.txt ini ke dalam root domain kita dengan cara login melalui Cpanel. Kalau blogspot, kita tidak memiliki hak akses ke bagian hosting atau admin panel maka para blogger di seluruh dunia memberikan masukan untuk menambahkan fitur Ads.txt ini pada dashboard blogger.

Baca Juga

Banyak blogger pemula bertanya mengenai Ads.txt seperti ini, Apa itu Ads.txt dan bagaimana cara kerjanya? dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Untuk menghindari permasalahan iklan AdSense tidak muncul di blog dan juga memperbaiki notifikasi error ads.txt di akun AdSense, kamu perlu mengaktifkan fitur ads.txt kustom di blogger.

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

    • Login ke “Blogger” > “Setelan” > “Monetisasi

  • Aktifkan ads.txt kustom
  • Pada bagian “ads.txt kustom” isi dengan kode ads.txt berikut:
    google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
  • Ganti yang berwarna biru dengan ID Akun AdSense milik sobat
  • ID Akun AdSense bisa dilihat pada URL dashboard AdSense.
  • Klik Simpan.
  • Selesai

Setelah memasang/mengaktifkan file Ads.txt biasanya iklan AdSensenya menjadi blank/tidak muncul. Silakan ditunggu saja sekitar 1x24jam sampai iklannya muncul kembali.

Selain itu notifikasi peringatan ads.txt di akun AdSense tidak akan langsung hilang, silakan tunggu saja sekitar 1x24jam sampai notifikasi tersebut hilang.

Perlu diketahui Ads.txt adalah program yang dirancang oleh IAB yang ditujukan untuk mengurangi kecurangan dalam investaris iklan.

Baca: Tips Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan BPK AdSense

Solusi ini dibuat secara khusus untuk melawan spoofing domain, pembeli dapat memeriksa apakah penjual adalah sumber investaris yang sah dan bersertifikat.

Hal ini juga dapat menghentikan scammers untuk menghasilkan uang di dunia digital dengan menghalangi penjualan inventori yang tidak sah.

Ads.txt juga merupakan file teks yang disetujui yang mencantumkan semua jaringan iklan terpercaya untuk menjual inventaris. Tujuannya, untuk meningkatkan transparansi di antara pengiklan dan penerbit.

Editor’s Picks