Cara Cepat Menaikkan Traffic Blog

  • Whatsapp
Cara Cepat Menaikkan Traffic Blog

Apakah kamu salah satu blogger pemula dan bingung untuk membangun engagement kuat dengan pembaca? Tak dipungkiri, engagement yang kurang kuat merupakan salah satu penyebab blog lambat berkembang dan punya traffic yang kurang baik.

Semua Blogger tentu menginginkan blognya selalu dibanjiri pengunjung setiap hari. Blog membutuhkan traffic tinggi supaya nantinya pemilik blog bisa memasang iklan atau kerja sama advertorial di blognya.

Baca juga

Selain membangun hubungan dengan audiens yang kamu miliki, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog milikmu.

Cari yang menarik

Tulisan yang bombastis memang diakui banyak dicari, namun riset selain bisa menjamin kamu memberikan informasi yang sesuai fakta kepada pembaca, juga bisa memperkuat tulisan yang sedang kamu kerjakan. Sampaikan fakta dan opini berdasarkan sumber terpercaya dan dari berbagai sudut pandang.

Tentukan tulisan yang sesuai tema blog

Mungkin kamu berpikir ini bisa memperluas segmen pembaca, namun ketika kamu hanya sendirian yang mengelola blog tersebut dan hanya ada sedikit artikel untuk dipublikasikan tentunya akan sedikit membingungkan menulis berbagai macam tema tulisan. Hari ini menulis tentang kuliner, besok soal otomotif, besok lagi politik… percaya deh, membangun engagement dengan pembaca sesuai target audiens lebih penting untuk memperkuat fans setia blog.

Baca: Cara Meningkatkan DA PA ke Peringkat Mesin Pencari

Keyword Research

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara mendapatkan posisi di page Google terdepan. Kamu bisa mencari keyword yang muncul pada laman pencarian di Google ketika mengetik tema yang ingin kamu bicarakan dan memasukkannya dalam kalimat pengantar untuk memperkuat.

Memanfaatkan Google Trends untuk mencari topik yang sedang booming juga bisa jadi taktik yang sempurna.

Perhatikan Judul

Menggunakan judul yang memperkuat SEO dibutuhkan untuk menarik tulisan blog di halaman-halaman awal Google Search.

Judul adalah elemen artikel yang dilihat pertama kali oleh orang di hasil pencarian. Menurut Copyblogger, 8 dari 10 orang mengaku membaca judul sebelum mengklik sebuah artikel dari hasil pencarian. Namun, hanya 2 dari 10 orang yang pada akhirnya benar-benar membaca artikel yang dibukanya.

Oleh karena itu, Anda harus membuat judul artikel yang menarik agar dilirik oleh para pencari di Google. Banyak metode menulis judul yang bisa Anda terapkan. Pertama, gunakan angka dan list. Orang-orang sangat menyukai judul dengan angka dan listicle (list article).

Baca: Tools untuk Mendapatkan Long-Tail Keyword Dalam Setiap Niche

Kenali audiens

Kamu harus mengenal siapa orang yang membaca tulisanmu. Caranya bisa dengan mengamati tulisan yang pernah kamu unggah sebelumnya dan mendapatkan performa yang baik. Kemudian analisis, apa sih tema yang kamu tulis itu? Kira-kira siapa sih orang yang akan tertarik dengan bacaan seperti itu?

Biasanya juga, ketika membuat blog kamu sudah menentukan tema dari blog milik kamu sendiri. Ini juga bisa membantu untuk mapping atau memetakan audiens yang pas guna menyusun rencana pendekatan tulisan yang pas.

Editor’s Picks