Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya Akan Ada Iklan di Status

  • Whatsapp
Fitur baru whatsapp

WhatsApp terus melakukan pengembangan fitur baru di antaranya mode gelap dan kehadiran iklan di bagian status. Berikut calon fitur-fitur baru WhatsApp tersebut.

Sejumlah fitur ini sendiri ada yang sudah terkonfirmasi dan ada pula yang masih dalam bentuk bocoran setelah ketahuan dalam fase uji coba atau tes. Berikut fitur baru seperti dirangkum dari IndianExpress.

Iklan WhatsApp di Status

Baca Juga

Facebook sudah mengonfirmasi iklan bakal masuk WhatsApp pada 2020, tepatnya di bagian WhatsApp stories sebagaimana iklan juga muncul di Instagram Stories. Keberadaan iklan terindikasi akan menjadi penghasil uang utama buat layanan pesan instan ini.

Dark Mode

Sudah selama beberapa waktu WhatsApp menggarap mode gelap buat Android dan iOS. Menurut laporan dari WABetaInfo, ada kemungkinan dark mode akan segera disebar buat para pengguna Android.

Share Status WhatsApp ke Facebook Story

Ada laporan WhatsApp sedang menguji kemungkinan ditambahkannya Status WhatsApp ke Facebook Story dalam update beta buat Android. Nantinya akan ada tombol baru ‘Add to Facebook Story’ agar pengguna bisa posting status WhatsApp ke Facebook Story.

Share kontak via kode QR

Fitur ‘share contact via QR Code’ ini sudah terpantau masuk ke versi beta. Lewat fitur ini, pengguna WhatsApp dapat menghasilkan kode QR berisikan rincian kontaknya. Kode itu lalu dapat dibagi dalam bentuk terenkripsi, mirip fitur serupa di Instagram.

Baca juga: Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus

Browsing dalam aplikasi (in-app browsing)

Kembali menurut WABetaInfo, fitur ini nantinya memungkinkan tautan (link) yang ada dalam chat WhatsApp akan langsung bisa dibuka dalam aplikasi itu sendiri, alih-alih terbuka oada browser default smartphone.

Penelusuran gambar (Reverse Image search)

Lewat fitur ini, pengguna yang menerima sebuah gambar bisa lebih jauh menelusuri keotentikannya dengan meng-upload ke Google (search by image). Browser dalam aplikasi WhatsApp, pada poin sebelumnya, lalu akan terbuka memperlihatkan hasil pencarian gambar.

Pengaturan privasi grup

Pengguna WhatsApp nanti tak lagi bisa sembarangan diundang masuk grup karena ada pengaturan lebih jauh terkait undangan masuk grup. Pilihan “nobody” akan membuat pengguna akan lebih dulu menerima link undangan dari siapa pun yang mau memasukkannya ke grup.

Informasi chat yang sering dijadikan pesan terusan

Adanya label mengenai pesan terusan atau forward chat ini juga menjadi salah satu cara WhatsApp membendung peredaran hoax di platform-nya. Nantinya, sebuah chat yang sering di-forward akan dilabeli “frequently forwarded message”.

Admin grup batasi chat yang sering dijadikan pesan terusan

Seperti namanya, fitur ini membuat admin sebuah grup dapat membatasi chat yang sudah kelewat sering di-forward. Ini juga menjadi salah satu cara WhatsApp meredam sirkulasi hoax.

Katalog WhatsApp business

Di konferensi Facebook F8, diumumkan bahwa WhatsApp akan punya fitur katalog bisnis baru, yang dapat diakses lewat aplikasi WhatsApp business. Dalam acara Facebook Marketing Summit baru-baru ini, diumumkan pula bahwa katalog produk WhatsApp akan diintegrasikan dengan katalog Facebook Business Manager yang sudah ada saat ini.

Otentikasi sidik jari dan blok screenshot pada chat

Saat ini otentikasi sidik jari sudah disebar WhatsApp ke iOS dan kini tengah menguji fitur serupa pada Android. Secara bersamaan, WhatsApp juga menguji fitur lain yang bisa memblok pengguna melakukan tangkapan layar (screenshot) saat otentikasi sidik jari aktif.

Doodle UI dan emoji baru di status

WhatsApp akan memperkenalkan Doodle UI ke aplikasinya untuk membagikan media. Stiker akan dikelompokkan menurut “favorit” dan “kategori” sehingga pengguna bisa mencari stiker yang diinginkan dengan mudah. Ada pula fitur pencarian stiker. Antarmuka ini juga membuat pengguna bisa menaruh stiker di atas foto, video, dan GIF. WhatsApp juga sedang menguji emoji baru buat bagian status. Emoji itu akan menggantikan emoji yang ada saat ini.

Preview stiker di notifikasi

Lewat fitur “Sticker Notification Preview”, pengguna WhatsApp nantinya tak mesti lagi membuka layar chat untuk melihat kiriman stiker buat dirinya. Stiker itu juga akan bisa diintip lewat notifikasi sebagaimana halnya pesan teks maupun emoji. Saat ini layar notifikasi akan memperlihatkan tulisan stiker di notifikasi saat mendapat kiriman stiker di chat maupun grup.

Pos terkait