Bangun Tidur Terasa Sangat Lelah? Begini Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Bangun Tidur Terasa Sangat Lelah? Begini Cara Mengatasinya

Semalam sudah tidur cukup namun tetap terbangun dengan lelah, apalagi masih merasa mengantuk? Bisa jadi ada alasan-alasan yang menjadi penyebabnya.

Dipaparkan oleh Carl Bazil, MD, PhD, direktur dari Columbia University’s Sleep Disorders Center, ada enam alasan umum yang bisa menyebabkan kamu tetap terbangun dengan lelah.

Muat Lebih

Sering terbangun

Ada beberapa faktor yang bisa membuatmu sering terbangun di tengah malam, misalnya tetangga yang ramai ataupun teman tidur yang mengganggu. Tidur yang terganggu sama buruknya seperti jika kamu kurang atau tidak tidur sama sekali.

Sering terbangun juga bisa membuat fokusmu berkurang dan menjadikan moodmu buruk di keesokan harinya. Kamu bisa mengatasinya dengan mengatur ruangan senyaman mungkin untuk tidur atau menggunakan penutup telinga.

Baca: Cara Mengatasi Punggung Pegal Saat Bangun Tidur

Kebanyakan tidur

Kurang tidur bisa membuat kita terbangun dengan merasa lelah, namun apakah kamu tahu bahwa kebanyakan tidur juga bisa membuatmu merasakan hal yang sama?

Bahkan faktanya, apapun yang merupakan pola tidurmu bisa mengganggu ritme tubuh dan menyerap energimu, menurut Harvard Health Publishing. Atasi dengan lebih mengenali tubuh dan memastikan berapa jam yang dibutuhkan tubuhmu untuk tidur cukup, lalu rutinkan.

Baca: Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Minuman yang mengganggu tidur

Bisa jadi apa yang kamu konsumsi sebelum tidur berdampak pada kualitas tidur. Salah satu pelakunya adalah alkohol, yang kata Dr Bazil sering dianggap dapat membantu tidur nyenyak namun justru malah membuat tidurmu tak efisien karena bisa membuatmu kerap terbangun di tengah malam.

Pelaku lainnya adalah kafein, misalnya teh atau kopi. Kafein tetap bertahan dalam sistem tubuhmu selama berjam-jam usai meminumnya. Cara mengatasinya tentu saja kurangi asupan alkohol ataupun kafein, atau lebih baik, hindari kedua minuman tersebut di dekat waktu tidur.

Sakit

Tidur sudah delapan jam tapi badan masih terasa lelah? Bisa jadi kamu sedang sakit. Karena saat tubuh sedang melawan infeksi, sistem imun membutuhkan seluruh energi untuk menyingkirkan para penjajah asing.

Akibatnya kamu akan terbangun dengan rasa mengantuk karena tubuhmu meminta waktu untuk bisa pulih dan menyembuhkan diri sendiri. Kamu bisa mengatasinya dengan meluangkan waktu untuk tidur siang dan saat terbangun, hindari aktivitas yang terlalu berat. Dan juga pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik dan makan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Stres

Stres atau banyak pikiran membuat otakmu bekerja ‘lembur’ di mana seharusnya ia beristirahat. Akibatnya tidurmu akan terganggu dan membuatmu bangun dengan rasa lelah.

Umumnya stres yang dirasakan adalah stres akibat pekerjaan. Dr Bazil menyarankan untuk mengatasinya kita bisa mempelajari teknik seperti meditasi dan relaksasi untuk menyingkirkan stres sebelum kamu tidur.

Berlebihan berolahraga

Berolahraga di malam hari memang bermanfaat dan bisa membuatmu tertidur lebih nyenyak. Namun apabila kamu berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dan berlebihan, bisa jadi membuatmu malah sulit tidur.

Dr Bazil menyebutkan hal itu disebabkan masih adanya adrenalin dan tubuh masih membutuhkan waktu untuk pulih dan tenang. Jika olahragamu terlalu berlebihan, maka tubuh malah menjadi stres dan bisa jadi menimbulkan ketidakseimbangan hormon.

Solusinya? Ganti waktu olahragamu di pagi hari. Atau jika kamu berolahraga terlalu keras, kamu bisa mengganti pola olahragamu agak sedikit lebih santai. Ambil satu atau dua hari tanpa olahraga agar tubuh bisa pulih, atau mengganti olahragamu dengan olahraga yang lebih ringan.

Loading...

Pos terkait