Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

  • Whatsapp

Minum secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, bahkan saat ini meminum kopi sudah menjadi gaya hidup. Tapi tahukah kalian bahwa meminum kopi saat perut kosong di pagi hari ternyata berbahaya?

Seberapa bahaya jika sih jika Anda mengonsumsi kopi dengan perut kosong di pagi hari? simak ulan dibawah ini.

Baca juga

Mudah stres dan mengalami kecemasan

Bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi bahwa kopi menimbulkan efek kegelisahan, stres dan perubahan suasana hati. Pada dasarnya tingkat serotonin atau hormon pemicu rasa tenang dan bahagia yang diproduksi otak rendah dan dengan minum kopi di pagi hari saat perut kosong, dapat memberi efek yang negatif.

Kafein yang merupakan zat psikoaktif merangsang sistem saraf yang berarti terlalu banyak konsumsi kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dengan begitu, Anda mudah merasa cemas dan stres.

Menekan produksi hormon kortisol

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi kortisol, alarm alami tubuh yang dapat membantu Anda bangun di pagi hari dan membuat Anda mengantuk di malam hari. Saat pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan Anda. Ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh menjadi bergantung pada kafein untuk melek.

Selain itu kopi masih memiliki beberapa efek untuk tubuh seperti kecanduan, untuk itu para ahli merekomendasikan membatasi asupan kafein Anda sekitar 400 mg per hari atau setara dengan

Asam lambung naik

Kopi telah terbukti merangsang produksi asam, sekalipun kopi dekafein. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman perut yang akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Meminum secangkir kopi saat kosong berbahaya karena tidak ada makanan yang diolah oleh tubuh.

 app recipe

Editor’s Picks