Aset Cryptocurrency Buatan Indonesia

Belakangan ini, makin banyak orang yang melakukan investasi mata uang kripto. Kebanyakan dari kita tertarik untuk melakukan pembelian koin kripto buatan luar negeri seperti Bitcoin, Dogecoin, ataupun Shibainu.

Ternyata pengusaha lokal pun juga tidak mau kalah. Banyak sekali koin kripto buatan lokal yang sudah dijual dan bisa menjadi alternatif investasi bagi kamu yang ingin berinvestasi koin kripto. Yuk intip beberapa koin buatan Indonesia yang sudah dipasarkan!

Agri Coin

Sesuai namanya, Agri Coin bertujuan untuk memudahkan petani dalam mendapatkan dana pinjaman dari pemodal. Agri Coin (AGCMN) adalah aset kripto asal Indonesia dengan jaringan peer to peer dan difungsikan secara khusus untuk bisnis pertanian, mulai dari persiapan penanaman, distribusi, hingga penjualan hasil pertanian.

Cryptocurrency jenis ini diprakarsai oleh CEO dan Developer AGC Fund, Riski Yudistira yang melaksanakan Initial Coin Officer (ICO) pada November 2017. Saat ICO, sebanyak 12 juta Agri Coin diterbitkan.

Tokenomy

Berasal dari gabungan kata Token dan Ekonomi, Tokenomy merepresentasikan desain token dan rangkaian aturan ekosistem ekonomi dengan klaim mudah dan aman. Tokenomy merupakan cryptocurrency yang diciptakan oleh Oscar Darmawan, penggagas perusahaan perantara perdagangan kripto bernama Indodax.

Tokenomy dikembangkan dari blockchain Ethereum berbasis ERC20. Platform Tokenomy memiliki pasar untuk mendukung perdagangan cryptocurrency bernama Tokenomy Launchpad yang memberikan transformasi lebih sederhana dari setiap penawaran menjadi token blockchain.

Sejak diluncurkan pada 15 Januari 2018 melalui Initial Coin Offering (ICO), aset kripto berkode TEN ini mencapai kapitalisasi pasar total $9.941.532 pada tahun 2021. Token yang beredar sebanyak 200.000.000 unit dengan harga per unitnya Rp712.

Nanovest ( NBT)

Aset kripto yang dibuat oleh aplikasi investasi Nanovest ini didukung oleh Sinar Mas Financial Group sebagai back up company. Pembuatan NBT dimaksudkan sebagai jembatan antara aset kripto dengan sistem mata uang tradisional. Nantinya, NBT akan menjadi bagian dari dompet kripto yang terhubung dengan mata uang tradisional seperti uang elektronik, kartu kredit, asuransi, dan produk investasi lainnya. Hingga saat ini, NBT belum dirilis sehingga harga pasarannya belum diketahui.

Toko Token (TKO)

Toko Token adalah koin kripto yang diterbitkan oleh Tokocrypto, tempat di mana kamu bisa membeli koin kripto secara legal karena sudah diakui resmi oleh Bappebti. TKO diluncurkan pada bulan Maret 2021 dan merupakan proyek kripto lokal yang bisa digunakan untuk tabungan, pinjaman, dan juga farming pools. Menarik bukan? Kamu bisa mendapatkan koin TKO dengan harga kisaran Rp25.000.

Tadpole (TAD)

Salah satu platform jual beli aset kripto, Indodax, menerbitkan koin kripto bernama Tadpole Finance (TAD). Sebelum dipasarkan di Indonesia, TAD telah diperdagangkan di market Uniswap, Hotbit, Coinsbit, dan marketplace asal Korea Selatan, Bithumb Global. Tadpole yang berarti “kecebong” merupakan salah satu proyek eksperimen yang ingin mengubah dunia finansial dengan melahirkan inovasi baru untuk mempermudah transaksi keuangan digital. Harga TAD berada di kisaran Rp178.100.

Zipmex (ZMT)

ZMT, koin kripto yang diterbitkan oleh Zipmex, menarik banyak investor karena memiliki banyak keuntungan. Koin ini pertama kali diterbitkan pada 17 Desember 2020. Zipmex beroperasi di Singapura, Australia, Thailand, dan Indonesia dan ingin menjadi lembaga keuangan terdepan untuk aset digital di Asia-Pasifik. Saat ini, harga Zipmex berada di kisaran harga Rp33.000 per koinnya.

BotXcoin (BOTX)

Koin kripto terbitan PT BOTX Technology Indonesia diterbitkan oleh Indodax. BOTX sudah terbentuk sejak tahun 2018 dan sudah listing di beberapa tempat diluar negeri dan diakui dan terdaftar di OJK serta Bappeti. Harga BOTX per koin saat ini berada di kisaran Rp4.000.

Token XAU

Token XAU merupakan aset kripto asal Indonesia yang dikeluarkan oleh Xaurius. Menjadikan emas Antam sebagai aset dasarnya, masuk akal jika Token XAU mengusung konsep stable coin. Artinya, nilai Token XAU terkait erat dengan nilai emas Antam sebagai aset nyatanya. 1 XAU setara dengan 1 gram emas Antam.

Selaku direktur Xaurius, Nicco D Lawrence menuturkan bahwa penciptaan Token XAU dilatarbelakangi oleh keinginannya mengubah industri emas dengan menciptakan infrastruktur baru berbasis blockchain. Penerbitan token ini diharapkan menjamin transaksi emas berlangsung cepat, aman, dan transparan. Semua emas XAU sudah tersertifikasi oleh Antam dan emas dalam bentuk fisiknya disimpan oleh Xaurius dalam brankas perusahaan dan diaudit oleh pihak independen rutin per tiga bulan sekali.

BBX Coin

BBX Coin dibangun menggunakan smart contract dengan memanfaatkan platform Ethereum. Diluncurkan dengan skema Initial Coin Offering (ICO) di platform Rekeningku.com pada 2 Juli 2018, BBX Coin dihargai Rp14.000.

Suplai BBC Coin di pasaran saat pertama kali dirilis berjumlah 19,99 juta unit. Sebanyak 20% dari jumlah tersebut atau setara 4 juta unit BBX Coin dijual ke publik sedangkan sisanya diperuntukkan bagi peserta Loyalts Points.

ANA Coin

ANA Coin (ANA) adalah cryptocurrency berbasis ERC-20 yang dikembangkan melalui jaringan blockchain milik Ethereum. ANA hadir berkat Rekeningku.com sebagai salah satu perantara perdagangan aset kripto di Indonesia melakukan Initial Coin Offering (ICO).

Diluncurkan pada 6 Juni 2018 dengan pasokan sebanyak 200.000.000 unit, sebanyak 40% unit koin atau setara 80 juta koin dijual ke publik. Cryptocurrency berkode ANA ini dapat memudahkan seluruh transaksi di Rekeningku.com, seperti penarikan dan pencatatan dana.

kripto sangat diminati karena banyak sekali orang yang sudah mendapatkan keuntungan dengan menabung kripto ataupun menjual kripto saat harganya sudah di atas harga pembelian. Cerita sukses investasi kripto ini juga membuat banyak orang lain yang berlomba-lomba untuk ikut serta berinvestasi, bahkan ada yang tidak mempertimbangkan kemampuan keuangannya. Ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mempertimbangkan keputusanmu: