Perbedaan Web Site dengan Web Aplications

  • Whatsapp

Apa itu web site dengan web aplications? dan apa perbedaan keduanya ? lalu kapan web site digunakan dan web aplikasi di gunakan? Nah kita akan membahas ke 3 pertanyaan di atas. Namun kita akan membahas terlebih dahulu pertamyaan ketiga yaitu kapan web itu di gunakan, Untuk penggunaan web tentunya sesuai kebutuhan kita.

 

Baca Juga

Website

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Perbedaanya dengan web apk yaitu:

  1. Ciri paling mendasar dari Website yaitu memiliki informasi/content yang statis dengan kata lain jarang mengalami perubahan.
  2. Ketika istilah yang digunakan adalah “website” berarti yang dimaksud adalah sebuah halaman website yang sederhana. Yang memiliki tujuan sebagai profil perusahaan(company profile), pengenalan produk sederhana dan tidak memiliki fitur transaksi.
  3. Website dibuat menggunakan HTML, CSS dan jika dibutuhkan mungkin akan menggunakan sedikit JavaScript. Tidak ada bahasa pemrograman yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya, terlebih database.
  4. Website merupakan bagian besar dari internet dan memiliki peran yang penting dalam menampilkan informasi sederhana, seperti alamat restoran favorit Anda.

 

Web Application

Web aplikasi (Web Application) merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui web dengan menggunakan jaringan internet atau intranet. Mari kita bahas lebih lengkap tentang aplikasi web dan cara membuatnya.

Perbedaanya dengan website yaitu:

  1. Sementara Web Application adalah sesuatu yang sedikit berbeda. Seperti layaknya aplikasi desktop (Word, Photoshop, Skype), web application bersifat dinamis dan terus berkembang.
  2. Web Application bergantung kepada interaksi pengguna, apakah itu kontribusi content (Youtube, Twitter, Facebook) atau dengan mengumpulkan data dari sumber lain untuk ditampilkan kepada pengguna (Mint, Google Analytics, Klout) atau gabungan dari keduanya.
  3. Seperti banyak website pada umumnya di internet, Web Application dibuat menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Selain itu juga menggunakan bahasa pemrograman web seperti PHP, Ruby, atau Python.
  4. Sementara untuk kebutuhan yang lebih kompleks bisa menggunakan framework seperti Rails, Django dan CakePHP. Web Application hampir selalu menggunakan database, oleh sebab itu disebut dinamis.

Nah itu tadi 3 pertanyaan yang telah kita bahas, tentu jika anda telah mempelajarinya anda bisa membendakan mana web site dan mana web aplikasi.

mahesa on Google News

Editor’s Picks