7 Macam-macam text Editor yang Sering digunakan

Text Editor , merupakan sebuah senjata utama untuk para programmer. mungkin kebanyakan orang hanya menggunakan notepad atau juga word untuk mengolah kata-kata. tapi dalam kegiatan coding, text editor ini menjadi salah satu faktor yang sangat penting.

Bagi seorang programmer kenyamanan menjadi salah satu hal yang penting. karena dibutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi dan terlepas dari gangguan-gangguan kecil lainnya. mungkin ini juga yang menyebabkan seorang programmer biasanya memiliki kebiasannya masing-masing. seperti tidak ada aturan dalam pakaian bahkan sampai setengah bugil (programmer tertentu) atau juga hanya dapat fokus pada malam hari. karena kegiatan coding membutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi agar dapat menyelesaikan sebuah masalah dan mengkoversinya kedalam sebuah program.

Macam Text Editor

1. Notepad

Notepad merupakan Text Editor asli bawaan windows. Bagi pengguna sistem operasi Windows past sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini. Biasanya untuk pemula direkomendasikan menggunakan Notepad ini. Karena memiliki tampilan yang sederhana dan membuat mudah dalam menuliskan kode program.

2. Notepad++

Notepad++ hampir sama dengan Notepad bawaan Windows tapi memiliki fitur yang banyak dibandingkan Notepad.
Diantaranya memiliki syntax highlighting, syantax folding, user defined syntax highlighting and folding, perl compatible regular expression search/replace, customizable GUI, document map, auto completion, multi-language, enviroment supported, bookmark, macro recording and playback, launch with different argument, multi editing, column-mode editing, line number.
Dan Notepad++ ini dapat berjalan disebagian besar POXIX compatible OS termasuk linux, FreeBSD, MacOS-X, OpenBSD dan Solaris.

3. Sublime Text

Memiliki banyak fitur yang mempermudah pengguna dan eye cathing (tampilan menarik). Sublime Text merupakan aplikasi berbayar tapi sobat bisa menggunakan versi demonya, walaupun demo tapi tidak ada batasan dalam penggunaanya.
Memiliki semboyan The Text Editor You’ll Fall in Love With.

4. GEdit

Bagi sobat pengguna Linux, khususnya Linux dengan dekstop Gnome memiliki Text Editor bawaan GEdit. GEdit bisa digunakan untuk menuliskan berbagai macam bahasa pemograman.

5. Atom

Memiliki semboyan Hackable Text Editor.
Memiliki fitur unggulan web based tecnology dekstop text editor, file system browser, fast project-wide search and replace, multiple cursors and selections, multiple panes, snippets, code folding, a clean prefrences UI, TextMate grammars importing, modulan design, nodejs integration.

6. UltraEdit

Dengan pengguna lebih dari 2 juta diseluruh dunia, krena Text Editor ini memiliki keleluasaan dan kemudahan dalam penggunaan.
Dapat digunakan untuk HTML, PHP, JavaScrit, C, C++, Perl dan masih banyak lagi jenis bahasa pemograman.
Text editor ini mampu bekerja sebagai text editor sederhana atau hex editor.
Tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan Mac.

7. EditPad

Jika sobat menggunakan sebuah text editor untuk menulis HTML atau menulis file batch maka Edit Pad bisa jadi pilihan sobat.
Beberapa fitur diantaranya sebagai berikut :
– Multi tabs, sobat bisa membuka tab banyak sekaligus
– Tidak ada batasan untuk ukuran file

Nah, itu tadi bahasan tentang macam text editor. Smoga bermanfaat TERIMAKASIH